Korupsi Itu Berbahaya, Penyerahan SDA ke Asing Juga Sangat Berbahaya! - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Sunday, September 29, 2019

Korupsi Itu Berbahaya, Penyerahan SDA ke Asing Juga Sangat Berbahaya!


Lukman Noerochim - stafsus FORKEI

Sebagaimana yang diketahui publik, akhir-akhir ini situasi politik memanas. Berbagai tuntutan para demonstran menyerukan kepada pemerintah dan DPR, terkait beberapa Rancangan Undang-undang (RUU) yang dinilai tidak pro rakyat, diantaranya pembatalan UU KPK yang baru saja disetujui dan disahkan oleh DPR.

Kita paham, kejahatan korupsi begitu mengakar berbagai sektor, termasuk di sektor pengelolaan sumber daya alam (SDA), dan ini sangat berbahaya. Namun yang lebih berbahaya lagi adalah penyerahan SDA kepada swasta dan asing.

Seperti diberitakan beberapa media, tindak pidana korupsi yang terjadi di sektor pengelolaan sumber daya alam (SDA) terbukti merusak tata kelola alam dan menciptakan kondisi serta kualitas manusia Indonesia yang buruk. Pengaruh rusaknya SDA di Indonesia berdampak besar terhadap kondisi lingkungan global. Sejumlah desakan diarahkan kepada pemerintah untuk menghentikan upaya - upaya yang bermuara pada pelemahan sistematis kewenangan, fungsi dan tugas KPK dalam memberantas korupsi di sektor pengelolaan SDA.

Selain itu, dengan dibuatnya UU yang membolehkan penyerahan pengelolaan SDA kita kepada swasta asing, bisa berarti penghisapan SDA dilakukan secara legal. Sayangnya pengerukan SDA oleh swasta dan asing itu akan makin leluasa.

di samping itu, kita patut waspada bahwa pemberantasan korupsi tidak akan bisa tuntas selama sistem politik demokrasi dan kapitalisme tetap dipertahankan. Sehingga pemberantasan korupsi secara tuntas dan pengelolaan SDA yang memberikan sebesar-besarnya kemakmuran untuk rakyat hanya bisa diwujudkan dengan menerapkan syariah Islamiyah secara total dan menyeluruh.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here