MUJAHID & MUJTAHID; PUNCAK PENGABDIAN SEORANG MUSLIM - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Tuesday, October 8, 2019

MUJAHID & MUJTAHID; PUNCAK PENGABDIAN SEORANG MUSLIM


© Doni Riw
.
Puncak pengabdian seorang muslim di dunia itu ada dua; menjadi Mujahid dan menjadi Mujtahid.
.
Menjadi Mujahid adalah puncak pengabdian secara ketubuhan. Secara jasmaniah. Menyerahkan hidup, tubuh, dan nyawa, bulat-bulat pada penyebaran Islam melalui jihad fi sabilillah.
.
Sementara puncak pengabdian secara fikriyah, pemikiran, kecerdasan, adalah menjadi Mujtahid. Mengabdikan waktu yang dianugerahkan oleh Allah untuk tholabul ilmi setinggi mungkin, sampai pada taraf mampu mengijtihad dalil-dalil syara menjadi hukum syara.
.
Jika menjadi Mujahid membutuhkan fisik yang prima, pertahanan diri yang tetampil, dlsb, maka menjadi Mujtahid membutuhkan kecerdasan yang prima, hafalan yang kuat, dan ketekunan menggali ilmu.
.
Mujtahid tingkat paling tinggi adalah Mujtahid Mutlak. Dia memiliki seluruh ilmu Islam. Mulai dari ilmu gramatika bahasa Arab; nahwu-sorof-balaghoh, ilmu hadits, ilmu tafsir Al Quran, serta mampu menyusun Ushul Fiqih sendiri.
.
Pada level itu dia akan menjadi Imam Madzhab seperti Imam Malik, Imam Abu Hanifah, Imam Syafi'i, dan Imam Ibn Hanbal.
.
Setingkat di bawah Mujtahid Mutlak adalah Mujtahid Madzhab. Dia memiliki ilmu yang sama dengan Mujtahid Mutlak kecuali Ushul Fiqih. Dia menggunakan Ushul Fiqih dari Imam Madzhab yang diikutinya.
.
Imam ibn Hanbal sebelum menjadi Mujtahid Mutlaq adalah Mujtahid Madzhab Syafi'i. Ulama lain yang populer tapi tidak menjadi Mujtahid Mutlak adalah Al Mawardi dan Al Ghozali.
.
Tidak semua muslim mampu mencapai puncak pengabdian sbagai Mujahid atau Mujtahid. Tetapi semua muslim wajib berupaya mencapai keduanya atau salah satu dari keduanya.
.
Sesuatu yang sangat takabur adalah merasa tidak butuh Mujahid dan tudak butuh Mujtahid. Tidak bermadzhab artinya tidak merasa butuh pada Mujtahid Mutlak.
.
Puncak ketakaburan adalah merasa bisa memahami Al Quran dan Hadits tanpa melalu para Mujtahid yang telah menyerahkan seluruh hidupnya untuk menimba ilmu Islam.
.
Jogja 81019
@doniriw
t.me/doniriw_channel
fb.me/doniriwchannel
.
#mujtahidmujahid #doniriw

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here