Penasehat Hukum: Tuntutan Jaksa Menuntut ringan 3 bulan tetapi Terdakwa mengharap dibebaskan dari segala tuntutan - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Wednesday, October 2, 2019

Penasehat Hukum: Tuntutan Jaksa Menuntut ringan 3 bulan tetapi Terdakwa mengharap dibebaskan dari segala tuntutan


Tak sampai 10 menit waktu yang digunakan jaksa penuntut umum (JPU) Ivan Yoko W, SH untuk membacakan tuntutan terhadap KH. Heru Elyasa (UHE). JPU menuntut 3 bulan penjara dipotong masa tajanan dan denda Rp. 2.000,-. Sayangnya JPU langsung meninggalkan ruang sidang sehingga awak media tak sempat mewawancarainya.

Sedangkan dari pihak penasehat hukum (PH) KH Heru Ilyasa menggelar konferensi pers selepas sidang ditutup. Sambil dikelilingi oleh para ulama' dan santri pendukung UHE, tim PH menyampaikan bahwa tidak bisa menerima tuntutan JPU. Alasannya bahwa apa yang dilakukan oleh UHE semata-mata dakwah yang konstitusional dan sama sekali tidak mengandung unsur tindak pidana, maka sepatutnya beliau harus dinyatakan tidak bersalah dan dibebaskan.

Sementara itu Muhammad Nur Rakhmad, S.H., salah satu anggota kuasa hukum menyampaikan alhamdulillah tuntutan yg disampaikan Jaksa Penuntut Umum menuntut Ringan hanya 3 bulan. Tetapi kami selaku kuasa hukum terdakwa berharap majelis Hakim membebaskan dari segala Tuntutan karena yang dilakukan oleh Terdakwa sebagaimana yg disampaikan adalah bagian dari dakwah bukan ujaran kebencian.

"Karena memang dakwah yang dilakukan oleh UHE, yaitu konten postingan beliau, sesuai dengan spirit anti penjajahan seperti yang diamanahkan oleh konstitusi bahkan dunia internasional pun sepakat menentang penjajahan, zionisme dan semacamnya. Nah, untuk itulah beliau menasehatkam kepada saudara-saudara seimannya untuk tidak bekerja sama dengan negara manapun yang nyata-nyata melakukan zionisme seperti Israel. Lha, gitu kok dipermasalahkan?" Berikutnya sidang akan dilanjutkan dengan pembacaan pledoi. (Pa)

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here