#SaveWamena - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Wednesday, October 2, 2019

#SaveWamena



Oleh : Dariyanto, Pengamat Politik

Telah terjadi kerusuhan di wamena. Semua berita mulai dari photo dan video menyebar cepat. Pembakaran pembunuhan serta pengusiran. Mereka membakar rumah warga yang tidak asli sana. Ratusan toko di rusak dan di bakar. Bahkan nyawa juga banyak yang melayang. Sungguh tragedi yang sangat menyedihkan.

Mereka berlari untuk menyelamatkan diri, anak dan istri dari ancaman orang- orang papua. Tuntutan orang papua sudah sangat jelas. Yakni mereka ingin merdeka. Melepaskan diri dari NKRI. Mereka ingin wilayah dan pemerintahan sendiri. Sebagaiman timor- timor yang bisa melepaskan diri dari Indonesia lewat referendum. Akankah papua seperti itu?

Kepolisian resor jayawijaya mencatat terdapat 31 korban tewas dalam kerusuhan yang terjadi di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. (detik.com)

Total yang di bakar adalah 5 perkantoran, 224 mobil, 30 motor dan 465 ruko serta 165 rumah. Sementara itu sekitar 5.000 orang mengungsi. Ya Allah Ya Robbi berikanlah mereka kesabaran dan ketabahan. Agar kondisi di Wamena segera pulih di perlukan peran negara yang menjamin harta dan nyawa rakyatnya. Negera punya kekuatan militer dan keamanan yang mumpuni seharusnya di gerakkan untuk menuntaskan kasus tersebut.

SLOW RESPON

Melihat kasus wamena tersebut terkesan pemerintah slow respon. Tidak seperti saat umat islam mau aksi 212 di monas dulu. Apabila terjadi kasus teroris di Surabaya dulu. Maka presiden dan jajarannya secepat kilat datang ke lokasi. Tapi untuk Wamena ini kok tidak. Ada apa? Padahal ini penting dan genting. Masalah kalau tidak di selesaikan maka akan tambah membesar dan banyak. Kalau terlambat bisa fatal akibatnya.

#SaveWamena, mereka perlu di bantu dengan segera. Dan ini bukan hanya tugas lembaga sosial yang menghimpun dana dari umat. Tapi juga tanggung jawab pemerintah. Masalah akan cepat di selesaikan apabila aset negara di kelola sendiri. Memiliki pemimpin yang amanah, pintar politik dan taat kepada hukum-hukum Allah SWT. Darah dan kehormatan umat akan senantiasa di jaga dan dilindungi. Pemimpin yang jago memimpin bukan pemimpin yang pandai akting saja.

Dalam sebuah hadits dari al-Barra’ bin Azib Radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Hilangnya dunia, lebih ringan bagi Allah di bandingkan terbunuhnya seorang mukmin tanpa hak.” (HR.Nasai 3987, Turmudzi 1455, dan di shahihkan al-Albani)

Maka sudah sepatutnya negara hadir dalam melindungi nyawa rakyatnya. Karena ingat setiap pemimpin akan di mintai pertanggung jawaban atas apa yang di pimpinnya. Dunia sementara, jabatan dan materi sementara. Namun akherat itu kekal abadi. So, #SaveWamena sekarang juga!

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here