Khilafah itu Bukanlah ISIS, Khilafah Milik Umat - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Friday, November 1, 2019

Khilafah itu Bukanlah ISIS, Khilafah Milik Umat


Oleh: Mochamad Efendi (Pengamat el-Harokah Research Center)

Monsterisasi khilafah terus saja berlanjut. Khilafah dikaitkan dengan kekerasan yang dilakukan ISIS. Memang tidak bisa dipungkiri ISIS dalam tujuan perjuangannya ingin mendirikan khilafah namun cara yang ditempuh tidak sesuai dengan apa yang dicontohkan rasulluah. Apakah Khilafah itu ISIS? Tentu tidak karena khilafah adalah ajaran Islam dan khilafah milik umat Islam, sementara ISIS adalah kelompok bersenjata di Syiria yang kebetulan membawa nama khilafah dalam perjuangannya. Jadi memusuhi khilafah sama dengan memusuhi umat Islam dan Allah.

Hal itu dikatakan Ryamizard usai melaksanakan serah terima jabatan atau Sertijab Menhan kepada Prabowo di Gedung A.H Nasution, Kantor Kemenkumham, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019). Ryamizard berpesan kepada Prabowo melanjutkan pekerjaan rumah di Kemenhan untuk memberantas paham khilafah dan kelompok ISIS yang kini menjalar di Indonesia.https://amp-suara-com.cdn.ampproject.org/v/s/amp.suara.com/news/2019/10/24/180540/pesan-ryamizard-ke-prabowo-khilafah-dan-isis-harus-dihancurkan?

Jangan samakan khilafah dengan ISIS karena faktanya ISIS dan khilafah itu berbeda. Khilafah adalah ajaran Islam yang mulia yang akan mengembalikan kehidupan Islami dengan diterapkannya hukum syara' secara kaffah. Hanya khilafah menjamin penerapan hukum Allah secara kaffah dalam kehidupan yang nyata, bukan demokrasi.

Sementara ISIS adalah kelompok bersenjata di Syiria' yang menyuarakan khilafah tetapi tidak menggunakan cara syari' dalam perjuangannya. Jika tidak suka dengan ISIS silahkan tapi jangan membenci khilafah apalagi menyatakan perang terhadap ide khilafah karena khilafah adalah ide Allah dan milik umat Islam.

Tujuan yang baik harus dicapai dengan cara yang baik. Khilafah adalah sistem pemerintahan sempurna karena berasal dari Yang Maha Sempurna. Khilafah akan mudah diterima umat karena hanya khilafah  yang mampu menyelesaikan masalah negeri ini secara tuntas. Permasalahan pelik yang timbul karena diterapkannya demokrasi bisa disekesaikan secara tuntas dalam sistem pemerintan khilafah. Jika umat menginginkan perubahan sistem apakah salah? Tidak ada yang salah jika umat atau rakyat yang menginginkan perubahan itu.

Bukan dengan kekerasan atau ancaman yang menimbulkan ketakutan tapi kesadaran rakyat menginginkan solusi terbaik yang mampu menyelesaikan permasalahan negeri ini secara tuntas.

Apakah jika ada peluru aparat menyebabkan mahasiswa yang demo terbunuh, lalu apakah bisa digeneralisasi bahwa aparat adalah pembunuh. Jika ada umat Islam melakukan kesalahan dan melakukan tindak kekerasan  lalu apakah bisa dikatakan bahwa ajaran Islam itu tidak benar dan mengajarkan radikalisme. Sungguh, pemikiran yang salah dengan menyatakan paham khilafah harus diberantas hanya karena kesalahan ISIS memperjuangkan khilafah dengan kekerasaan.

Apakah yang melakukan tindak kekerasan hanya ISIS saja di dunia ini. Banyak sekali kedzaliman dilakukan penguasa satu negeri terhadap umat Islam, kenapa mereka hanya diam saat umat Islam diperlakukan tidak adil. Persekusi pada aktifitas pengajian, monsterisasi ajaran Islam dan juga simbol Islam adalah bentuk kedzaliman yang nyata. Apakah ini tidak bisa dianggap radikalisme oleh penguasa rezim.

Siapa saja bisa terpapar radikalisme tidak hanya dikaitkan Islam. Bahkan rezim sering menunjukkan sikap radikal dengan menganggap diri paling benar dan tidak mau menerima kritikan. Ancaman pidana ditujukan pada siapa saja yang dianggap malawan penguasa rezim. Bukankah radikalisme malah sering dilakukan penguasa rezim?

Jika ISIS yang dimusuhi silahkan saja tapi jangan mengeneralisasi bahwa yang memperjuangkan khilafah mesti ISIS. Umat Islam yang cerdas dan merindukan sebuah kehidupan Islami pasti menginginkan khilafah. Umat Islam yang ingin diatur oleh Islam secara kaffah pasti merindukan khilafah. Umat Islam yang berfikir sehat pasti akan lebih memilih khilafah dari pada sistem demokrasi yang rusak yang tidak akan pernah mampu memberikan solusi tuntas untuk masalah negeri ini.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here