Masih Ada Harapan! - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Sunday, November 3, 2019

Masih Ada Harapan!



Febry Suprapto
(Direktur Oasis Discussion Forum)

Bumi Allah tidak akan pernah sepi dari orang-orang jujur dan mukhlis yang senantiasa berusaha mengembalikan kebaikan dan keadilan dengan cara membumikan aturan-aturan Tuhan di dalam kehidupan.

Umat semakin berharap, kelompok tersebut akan menyelamatkan negeri dari setiap upaya makar para pengkhianat. Sehingga bumi Allah kembali ke aslinya: menjadi titik tolak para pejuang dan menjadi benteng Islam yang kokoh.

"Dan Allah berkuasa terhadap urusan-Nya, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahuinya." (TQS Yusuf [12]: 21).

Umat selalu ingat dengan pidato Nabi saw. yang menyatakan:

إنَّ الرَّائِدَ لاَ يَكْذِبُ أَهْلَهُ.

 "Sesungguhnya seorang pemimpin tidak akan membohongi rakyatnya."

Ya, pemimpin tidak akan pernah membohongi dan mengkhianati rakyatnya. Demikianlah karakter kepemimpinan Nabi saw. Hati, pikiran, ucapan, dan tindakannya dicurahkan demi kemaslahatan rakyat, bukan untuk kepentingan pribadi. Nabi Saw. bahkan mengorbankan kepentingan diri dan keluarganya, demi kepentingan umat dan rakyatnya.

Dalam sebuah hadits, Nabi saw. bersabda:

خيار أئمتكم الذين تحبونهم ويحبونكم، وتدعونهم ويدعونكم، وشرار أئمتكم الذين تبغضونهم ويبغضونكم، وتلعنوهم ويلعنونكم [رواه مسلم]

"Sebaik-baik pemimpin kalian adalah yang kalian cintai, dan mereka mencintai kalian. Kalian mendoakan mereka, dan mereka mendoakan kalian. Seburuk-buruk pemimpin kalian adalah yang kalian benci, dan mereka pun membenci kalian. Kalian melaknat mereka, dan mereka pun melaknat kalian." (HR. Muslim)

Dicintai rakyatnya, karena mencintai rakyatnya. Didoakan rakyatnya, karena mendoakan rakyatnya. Itulah gambaran pemimpin terbaik.

Sebaliknya, pemimpin yang terburuk adalah pemimpin yang dibenci oleh rakyatnya, karena dia pun membenci rakyatnya. Dia dilaknat oleh rakyatnya, karena dia pun melaknat rakyatnya.
Wal 'iyadzu billah.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here