Tuduhan Mereka Serius Bahwa Khilafah Membawa Mudhorot? - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Saturday, November 2, 2019

Tuduhan Mereka Serius Bahwa Khilafah Membawa Mudhorot?


dr. Muh. Amin

Di kalangan para dokter, ada tradisi jika ada sebuah statemen medis yang keluar dari seorang penulis dan peneliti bereputasi maka statemen itu dianggap sangat bermutu bernilai tinggi. Apalagi jika penulis tersebut melakukan review ratusan jurnal ilmiah.

----------------------------

Di kalangan ahli hadits kita menemukan periwayat dan penulis kitab hadits yang sangat tinggi nilainya, yaitu Bukhori dan Muslim. Keduanya meriwayatkan hadits shahih.

--------------------------------

Di kalangan ahli fikih Syafi'iyah ada dua pakar yang dianggap sangat baik pendapatnya: Imam an Nawawi dan imam Ar rofi'i.

-------------------------

Diatas itu semua ada generasi terbaik dari ummat ini adalah generasi sahabat . Mereka hidup bersama dengan Rasulullah Muhammad SAW, manusia kekasih Tuhan yang Maksum terjaga dari dosa. Merekalah generasi terbaik. Mereka hidup dengan diatur oleh syariah Islam yang dibackup pelaksanaannya oleh negara. Rasulullah Muhammad SAW sebagai kepala negara mengadopsi semua hukum yang beliau terima dari Tuhan untuk dilaksanakan di dalam mengatur negaranya pada saat itu.

------------------------------

Pasca wafatnya Rasulullah Muhammad SAW fungsi negara dengan pola yang sama dilanjutkan oleh para sahabat ini. Kita mengenal 4 Khulafaur Rasyidin: Abu Bakar, Umar, Usman, dan Ali. Mereka adalah para Khalifah, pemimpin negara khilafah yang merupakan tinggalan Rasulullah.


----------------------
Allah SWT memastikan bahwa tidaklah yang diucapkan Rasulullah berasal dari hawa nafsunya, tetapi Wahyu Allah SWT. Termasuk keharusan menjadikan Wahyu Allah SWT tersebut sebagai aturan yang diadopsi oleh negara sebagai sumber hukum dan hukum itu sendiri. Rasulullah mengatakan bahwa pemimpin negara model ini adalah Khalifah. Makanya para sahabat yang empat tadi dikenal sebagai para Khalifah.

Allah memastikan bahwa  diutusnya Rasulullah Muhammad SAW adalah untuk menjadi rohmat bagi seluruh alam. Bukan menjadi mudorot.
Artinya negara khilafah yang dipimpin oleh seorang Khalifah bukan menjadi mudorot, tetapi Rohmat.

----------------------

Di era sekarang, 1400 tahun pasca diturunkannya kitab suci Alquran ada seorang yang berani menuduh bahwa khilafah banyak mudorotnya, hanya dengan alasan banyak negara menolaknya.

Padahal para ulama sepakat bahwa nashbul kholifah adalah wajib. Imam asy-Syaukani menyatakan, “Mayoritas ulama berpendapat Imamah (Khilafah) itu wajib. Menurut 'Itrah (Ahlul Bait), mayoritas Muktazilah dan Asy’ariyah, Imamah (Khilafah) itu wajib menurut syariah (Asy-Syaulani, Nayl al-Awthâr, VIII/265).

Pendapat para ulama tedahulu di atas juga diamini oleh para ulama muta’akhirin (Lihat, misalnya: Syaikh Abu Zahrah, Târîkh al-Madzâhib al-Islâmiyah, hlm. 88; Dr. Dhiyauddin ar-Rais, Al-Islâm wa al-Khilâfah, hlm. 99; Abdul Qadir Audah, Al-Islâm wa Awdha’unâ as-Siyâsiyah, hlm. 124; Syaikh Taqiyyuddin an-Nabhani, Asy-Syakhshiyyah al-Islâmiyyah, II/15; Dr. Mahmud al-Khalidi, Qawâ’id Nizhâm al-Hukm fî al-Islâm, hlm. 248; dll).

Apakah oknum yang menentang syariah wajibnya penegakan khilafah lebih pintar dan lebih baik akhlaknya dari para sahabat? Apakah dia akan mengatakan bahwa apa yang digaransi oleh Allah SWT tentang kerohnatan syariah di dalam negara khilafah sudah tidak berlaku lagi?

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here