Apa Yang Salah dengan Khilafah? - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Saturday, December 7, 2019

Apa Yang Salah dengan Khilafah?


Oleh: Mochamad Efendi (Pengamat el-Harokah Research Center)


Khilafah adalah Islami, ajaran Islam. Khilafah adalah sistem pemerintahan ideal, yang pernah dicontohkan rasullulah di Madinah Munawarah. Dalam sistem pemerintahan khilafah, ajaran Islam bisa diterapkan secara kaffah dalam kehidupan nyata. Dan terbukti sistem khilafah mampu merubah masyarakat jahiliyah yang rendah menjadi mayarakat yang memiliki peradapan yang tinggi dan mulia dengan diterapkannya ajaran Islam secara kaffah dalam seluruh aspek kehidupan.

Khilafah adalah idenya Allah, pemilik kehidupan ini. Dia, sang pencipta manusia , dan pasti Maha Tahu aturan terbaik buat manusia. Pasti, aturan terbaik dari sang pencipta alam semesta, manusia dan hidup ini akan membawa kebaikan jika diterapkan secara kaffah dalam kehidupan secara nyata. Dan hanya sistem khilafah yang mampu menerapkan aturan Allah secara menyeluruh tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan Tuhanya, manusia dengan dirinya sendiri, tapi juga mengatur hubungan manusia dengan manusia yang lain. Sungguh kehidupan yang lebih baik akan terwujud jika manusia mau diatur dengan aturan buatan yang menciptakan manusia dakam sistem khilafah.

Lalu apa yang salah dengan khilafah sehingga rezim ini terus saja menganggapnya ajaran bermasalah. Padahal Khilafah adalah ajaran yang diyakini benar oleh mayoritas penduduk negeri ini. Kalaupun ada yang menolak bisa jadi karena kurang pahamnya mereka tentang satu sistem terbaik yang berpihak pada rakyat. Rezim menganggap khilafah ajaran bermasalah sehingga harus merombak 155 buku yang mengandung konten khilafah. Mereka yang mempelajari khilafah dianggap terpapar radikalisme. Bahkan guru fiqih yang memasukan materi khilafah dalam soal ujian harus dipanggil dan diinvestigasi seperti halnya anak MAN yang bangga mengibarkan bendera tauhid yang menjadi simbol pemersatu umat Islam.

Menagakkan khilafah hukumnya wajib dan tidak ada perbedaan diantara lima imam madzab tentang kewajiban ini. Bahkan khilafah adalah makhota kewajiban karena kewajiban dalam Islam dapat dituniakan jika dalam naungan khilafah. Singguh, khilafah adalah kewajiban dan sebelum tidak ada perselisihan tentang pentingnya khilafah. Namun semua berubah dan khilafah dianhgap bermasalah dsn sistem demokrasi sekuler. Khilafah dipermassalahkan karena dianggap ancaman bagi menguasa dalam sistym demokrasi.

Naskah ujian mata pelajaran fikih yang dituding bernuansa materi khilafah pada Penilaian Akhir Semester (PAS) tingkat Madrasah Aliyah (setingkat SMA) se-Wilayah Kerja Kediri, Jawa Timur, kelas XII tahun ajaran 2019/2020, disusun oleh seorang guru. (https://regional.kompas.com/read/2019/12/05/13061301/kemenag-jatim-panggil-guru-pembuat-naskah-ujian-bermuatan-khilafah).

Setelah muridnya sekarang guru fiqihnya yang harus diinvestigasi. Guru fiqih pasti paham bahwa memang khilafah adalah ajaran Islam, yang perlu untuk diajarkan pada peserta didik dan perlu diujikan. Guru fiqih tidak mungkin menyembunyikan  kebenaran bahwa khilafah sistem pemerintahan terbaik, dan tidak bermasalah. Yang bermasalah bukan khilafah tapi sistem yang diterapkan saat ini. Demokrasi telah mengajarkan sekularisme, kapitalisme yang bertentangan dengan ajaran Islam. Dalam Islam kita diperintahkan untuk berislam secara kaffah. Sebaliknya, sekularisme melarang kita berislam secara kaffah. Bahkan, yang berislam secara kaffah dituding terpapar virus jahat radikalisme.

Kenapa penguasa dzalim tidak menginginkan khilafah? Khilafah tidak berpihak pada kedzaliman meskipun itu dilakukan oleh penguasa. Siapa saja yang bersalah akan dapat hukuman setimpal meskipun dia dilingkaran kekuasaan. Semua rakyat termasuk juga penguasa akan dapat perlakuan yang sama didepan hukum. Keadilan akan tegak dan kedzaliman akan musnah.

Tidak seperti sekarang ini hukum tumpul ke atas tapi tajam kebawah. Ketika rakyat terluka, hukum tidak berbuat apa-apa untuk melindungi kepentingan rakyat. Namun, saat penguasa yang terluka dan tersakiti, hukum merespon dengan cepat dan menamgkap pelaku yang dianggap menyinggung kepentingan penguasa. Negara hukum berubah menjadi negara kekuasaan. Penguasa menjadikan hukum sebagai akat untuk melegitimasi setiap tindakannya meskipun menyakiti hati rakyat.

Penghinaan terhadap rasullulah tidak diproses hukum meskipun sudah ada yang melaporkan bahkan banyak umat turun ke jalan untuk mendesak agar penista agama dihukum. Sebaliknya siapa yang berani menghina penguasa langsung ditangkap meskipun tidak ada yang melapor. Sungguh, kedzaliman nampak didepan mata dan itu semua tidak akan terjadi jika kedaulatan ditangan syara' bukan kekuasaan dalam sistem demokrasi. 

Khilafah bukan ancamam maupun masalah tapi solusi fundamental untuk seluruh masalah kehidupan. Jangan salahkan khilafah tapi sekularisme yang menjadi biang masalah. Khilafah adalah sistem pemerintahan terbaik dan pasti membawa kabaikan bagi umat manusia. Lalu apa yang salah dengan khilafah? Hanya orang-orang yang pemikirannya bermasalah yang sudah terjangkiti virus jahat sekularisme menganggap khilafah bermasalah.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here