Sibuklah dengan Amal Yang Berguna - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Sunday, December 8, 2019

Sibuklah dengan Amal Yang Berguna


M. Arifin (Tabayyun Center)

Imam Malik berkata, "Seseorang hanya menjadi baik setelah meninggalkan apa yg tidak berguna baginya, dan sibuk dng apa yg berguna baginya. Jika dia telah melakukannya, pasti Allah akan membukakan hatinya." (as-Syarbashi, al-Aimmah al-Arba'ah, 98)

Al-Imam adz-Dzahabiy berkata: "Kesempurnaan perilaku  seseorang itu tercermin dalam kehati-hatiannya (wara’) dalam hal makanan, kehati-hatian dalam berucap, menjaga lisan, kontinyu dalam berdzikir, tidak banyak bergaul dengan orang-orang awam, menangisi kesalahan yang telah dilakukan, membaca al-Quran dengan tartil dan penuh penghayatan, membenci diri apabila ia mengajak untuk memikirkan dzat Allah SWT,  Memperbanyak shaum sunnah, merutinkan sholat tahajud, rendah hati di hadapan sesama muslim, menghubungkan tali silaturrahim, toleran, bermuka ceria dan gemar berinfak meski dalam keadaan sempit, menyampaikan kebenaran meski terasa pahit dengan lemah lembut dan tidak tegesa-gesa, mengajak kepada yang makruf, memberi maaf, menjauhi orang-orang jahil, menjaga perbatasan, berjihad melawan musuh-musuh Islam, berhaji,  senantiasa memakan yang baik, memperbanyak istighfar di penghujung malam. Inilah amalan-amalan para wali Allah SWT dan sifat-sifat pengikut Rasulullah SAW, semoga kita mati dalam keadaan mencintai mereka”

Sayyidina Ali: Sayyidina 'Ali berkata, "Ala inna ad-dunya qad wullat mudbirah, wa al-akhiratu muqbilah, wa likulli wahidatin minhuma banun. Kunu min abna'i al-akhirat, wa la takunu min abna'i ad-dunya. Fainna al-yauma 'amalun wa la hisab, wa ghadan hisabun wa la 'amal."
"Ingat, dunia pasti ditinggalkan di belakang dan akhirat menyongsong di depan. Masing-masing mempunyai anak. Jadilah anak akhirat dan jangan menjadi anak dunia. Karena hari ini adalah tempat beramal bukan perhitungan. Besok di akhirat, tempat hisab dan tidak lagi ada amal."

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here