Islam Memberikan Solusi Tuntas, Bukan Membebankan Masalah pada Rakyat - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Monday, January 27, 2020

Islam Memberikan Solusi Tuntas, Bukan Membebankan Masalah pada Rakyat


Oleh: Mochamad Efendi

Kaget dan hampir tidak percaya lagi-lagi rakyat yang harus menjadi korban dan menanggung semua kerugian yang dialami negara. Setelah kenaikan iuran BPJS yang fantastis dengan alasan defisit, kembali pemerintah rencananya akan menarik subsidi untuk gas LPG  3 kg sehingga harganya akan melambung tinggi sampai 35 ribu. Kebijakan dzalim kembali diambil pemerintah yang akan membebani rakyat dengan kebutuhan dasar dan kebutuhan pokok yang ikut naik juga. Gas LPG 3 kg sangat dibutuhkan rakyat kalangan menengah ke bawah yang harusnya dibantu agar hidup mereka bisa lebih sejahtera.

"Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral berencana mencabut subsidi tabung gas elpiji 3 kg pada pertengahan tahun ini. Konsekuensinya, harga gas elpiji 3 Kg akan mengalami kenaikan. Dengan dicabutnya subsidi pada tabung gas elpiji 3 kg diperkirakan mencapai Rp 35.000 per tabung." ribu.https://googleweblight.com/i?u=https://m.detik.com/news/berita/d-4861299/harga-tabung-gas-elpiji-3-kg-naik-ini-fakta-faktanya

Rakyat yang harus menanggung semua kerugian yang dialami negara sementara banyak pejabat ramai-ramai berkorupsi, mencuri uang rakyat. Korupsi merajalela, 45 kepala daerah, gubenur, bupati atau wali kota, tertangkap KPK sejak tahun 2016 hingga 2019 (tempo). Sementara, KPU yang diharapkan bisa menghasilkan pemilu yang jurdil ternyata juga tidak bersih dari para koruptor. Belum lagi anggota partai politik tidak bersih dari suap-menyuap agar bisa menempati kursi kekuasaan di parlemen. Banyak juga anggota DPR atau DPRD yang tidak bersih dari tindakan korupsi saat menduduki kursi kekuasaan.

Sementara para pemimpin umat yang harusnya membela rakyat, lebih memilih materi atau jabatan yang ditawarkan penguasa rezim sehingga mereka diam saat melihat kebijakan dzalim. Harusnya mereka yang merasa wakil rakyat membela rakyat bukan melegitimasi kebijakan yang menyusahkan rakyat.


Rakyat harusnya diurusi bukan menjadi pelayan penguasa dan selalu menjadi pihak yang dikorbankan. Penguasa rezim menghitung untung rugi pada rakyatnya sendiri layaknya perusahaan swasta atau corporation.  Rakyat dijadikan korban dari diterapkannya sistem demokrasi yang rusak. Sementara para pemimpin yang merasa diuntungkan tidak rela jika sistem diganti dengan yang lebih baik yang menawarkan solusi fundamental untuk semua permasalahan kehidupan.

Demokrasi memang sudah terbukti tidak berpihak pada rakyat, jadi tidak layak untuk dibela dan dipertahankan. Khilafah min haj nubuwah dirindukan rakyat yang mampu berfikir cemerlang untuk menemukan solusi terbaik yang dihadapi oleh mereka. Jangan timpakan setiap masalah pada rakyat, tapi selesaikan semua dengan Islam, solusi terbaik yang menyelesaikan masalah dengan tuntas, bukan menyelesaikan masalah dengan membebankannya pada rakyat.

Negeri ini harusnya kaya raya jika dikelola dengan benar dengan penerapan Islam secara kaffah. Kekayaan sumber daya alamnya; di dalam bumi, terhampar keindahan alamnya di permukaan bumi, hutan dan lautan akan mampu mensejahterakan rakyatnya. Jika negara mensubsidi rakyatnya adalah keharusan agar rakyatnya mendapatkan kebutuhan dasar murah bahkan gratis. Rakyat jangan dijadikan target pasar untuk melakukan bisnis yang menguntungkan. Rakyat harus dilayani dengan mengoptimalkan pengelolaan sumber daya alam oleh negara dan diperuntukkan sebesar-besarnya untuk rakyat.

Untuk apa ada pemimpin jika tidak mau mengurusi rakyatnya. Untuk apa pemimpin jika hanya pandai menggarong uang rakyat. Kita butuh pemimpin yang amanah dan mau mengurusi urusan rakyatnya. Hanya pemimpin dalam sistem Islam yang akan perduli dengan rakyatnya karena itu adalah tujuan politiknya. Namun, sistem demokrasi hanya akan memunculkan pemimpin-pemimpin  yang abai dengan urusan rakyatnya. Mereka hanya perduli dengan jabatan dan kekuasaan untuk memperkaya diri sendiri dan kelompoknya. Sungguh, hanya dalam sistem khilafah rakyat akan benar-benar dilindungi dan dijamin kesejahteraannya.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here