Proyek Infrastuktur Semu? - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Tuesday, January 7, 2020

Proyek Infrastuktur Semu?


Hadi Sasongko (Direktur POROS)

Salah satu program yang digencarkan pemerintahan Jokowi saat ini adalah pembangunan infrastruktur. Beberapa prioritas infrastruktur yang akan dibangun antara lain: jalan tol, pelabuhan, waduk, bandar udara, rel kereta api dan kilang minyak. Berbagai kebijakan dibuat demi melancarkan proyek ini.

Infrastruktur baru yang selama sepanjang 2019 telah menghabiskan banyak sekali energi, materi dan tenaga. Dan beberapa diantara proyek infrastruktur sudah bisa dirasakan oleh beberapa masyarakat, khususnya pembangunan jalan tol. Infrastruktur ini banyak diantara masyarakat menaruh harapan besar, karena dengan adanya pembangunan jalan tol perjalanan yang mereka tempuh jauh relatif lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya.

Banyak kalangan merasakan kenyamanan jalan tol, tanpa macet, banyaknya rest area, sehingga rata-rata kendaraan berjalan paling tidak sekitar 100 Km/Jam bahkan ada yang lebih.
Pembangunan jalan tol yang dimana menelan banyak biaya, bahkan biaya tersebut dari berhutang kepada negara lain terutama cina yang merupakan investasi terbesar dalam pembangunan jalan tol.

Tidak heran, jikalau pembangunan jalan tol juga relatif lebih cepat sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat. Akan tetapi ternyata sejak dibuka jalur tol, ternyata tarif lumayan relatif mahal sehingga yang lewat jalan tol hanya beberapa mobil dan kendaraan saja. Tidak heran bahwa jalan tol, banyak yang lengang. Yang menjadikan banyak kendaraan memacu kendaraannya dengan sangat kencang.

Di penghujung 2019, setidaknya ada 6 ruas tol yang tarifnya mengalami penyesuaian. Sisanya, 13 ruas tol, masih dalam tahap pengkajian.
Penyesuaian tarif tersebut masih berlangsung hingga 2020, sesuai dengan Penyesuaian tarif itu dilakukan berdasarkan Pasal 38 ayat (3) Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan yang berbunyi :

Pasal 48

1. Tarif tol dihitung berdasarkan kemampuan bayar pengguna jalan, besar keuntungan biaya operasi kendaraan, dan kelayakan investasi.

2. Tarif tol yang besarannya tercantum dalam perjanjian pengusahaan jalan tol ditetapkan pemberlakuannya bersamaan dengan penetapan pengoperasian jalan tersebut sebagai jalan tol.

3. Evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 (dua) tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi.

4. Pemberlakuan tarif tol awal dan penyesuaian tarif tol ditetapkan oleh Menteri.

5. Ketentuan lebih lanjut mengenai tarif awal tol dan penyesuaian tarif tol sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (2), ayat (3), dan ayat (4) diatur dalam Peraturan Pemerintah.

Dan pada Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol. Disusun Liputan6.com, Kamis (2/1/2020), ada 2 ruas tol yang tarifnya dipastikan naik per 3 Januari 2020 yaitu ruas tol Cikopo-Palimanan dan Surabaya-Mojokerto.

Berikut daftar tol yang akan mengalami penyesuaian tarif di 2020 (Liputan6.com/Angga Yuniar ) :

1.Tol Dalam Kota Jakarta (JIUT)

2. Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa

3. Tol Surabaya-Gempol

4. Tol Semarang-Solo seksi I (Semarang-Ungaran) dan seksi II (Ungaran-Bawen)

5. Tol Cinere-Jagorawi seksi I (SS Jagorawi-SS Raya Bogor)

6. JORR W1 (Kebon Jeruk-Penjaringan)

7. Tol Bogor Ring Road seksi I dan IIa (Sentul Selatan-Kedung Badak)

8. SS Waru - Bandara Juanda

9. Prof Ir. Sedyatmo

10. Jakarta-Cikampek

11. Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa.

Sangat mencengankan, jalan yang seharusnya dapat dirasakan oleh semua rakyat tetapi justru semakin mencekik. Hal ini terjadi karena negara menggunakan sistem kapitalisme, dimana rakyat dijadikan komiditi pasar yang meraih keuntungan oleh para pemodal. Ironisnya pemimpin di negeri ini yang dimana dipilih oleh rakyat justru menjadi alat untuk memalak rakyat. Inilah perang gaya baru di era sekarang, dimana rakyat tidak merasa dijajah. Apabila hal ini dibiarkan maka negeri ini akan hancur.

Beda halnya dengan Islam, bahwa semua fasilitas umum akan digratiskan untuk kemaslahatan umat. Saatnya kembali kepada sistem islam yang dapat mensejahterahkan dan sudah teruji selama beberapa puluh tahun.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here