Perbaiki Pertamina Donk.. - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Wednesday, February 5, 2020

Perbaiki Pertamina Donk..


Hadi Sasongko (Direktur POROS)

Pemerintah harus siap untuk memperbaiki perusahaan negara (Pertamina). Mengingat bertahun-tahun persoalan energi di Indonesia seolah-olah hanya berputar-putar pada soal kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk rakyat. Argumentasi Pemerintah selalu bahwa dalam APBN subsidi harga BBM semakin tinggi.

Perusahaan ini harus disiapkan mendalami seluruh cekungan hidrokarbon di Indonesia yang justru banyak di lepas pantai, lebih dulu dari semua perusahaan asing. Investasi di lepas pantai jelas lebih besar. Namun, keuntungannya juga akan lebih besar. Untuk itu, kemampuan teknologi harus diperbaiki.

Secara SDM, sebenarnya banyak SDM Indonesia yang ahli, tetapi saat ini mereka lebih memilih bekerja di perusahaan asing, baik yang bergerak di Indonesia maupun di luar negeri. Hal ini karena budaya perusahaan (corporate-governance) di perusahaan asing itu relatif lebih baik, lebih bersih dari korupsi, lebih transparan (karena mereka diaudit oleh akuntan publik dan harus dibuka di depan shareholder), selain penghasilan yang diberikan juga lebih fair. Hal yang sama juga dengan SDM riset (peneliti) yang bekerja di berbagai institusi riset di Indonesia seperti di ITB, LIPI, BPPT atau Badan Litbang ESDM. SDM-SDM riset yang handal jarang yang tahan dengan budaya PNS kita yang lamban, sangat birokratis dan kurang berorientasi pada hasil. Akibatnya, SDM-SDM handal itu lebih suka bekerja di Luar Negeri atau tetap di dalam negeri namun untuk riset yang didanai asing, tanpa dapat berbuat apa-apa bila nanti hasilnya akan dipatenkan oleh asing dan dipakai menaikkan posisi tawar mereka.

Andaikata negara ini memiliki politik kemandirian teknologi yang jelas dan terukur, apalagi dibangun di atas ideologi berbasis spiritual yang diyakini secara personal, pasti SDM-SDM handal itu akan kembali.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here