Totalitas Berjuang - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Wednesday, February 5, 2020

Totalitas Berjuang


Lukman Noerochim

Setiap muslim perlu mempelajari, mencari dan menggali pengetahuan Islam secara terus menerus dan selalu berusaha keras meningkatkan mutu pemahamannya.

Jika seorang muslim telah mendapatkan pengetahuan yang benar maka dia harus segera melaksanakan pengetahuannya tersebut secepatnya. Ilmu ini tidak akan bermanfaat bagi manusia bagaimanapun dia mendapatkannya dan bagaimana faqih dirinya. Hukum syara' telah mengatakan bahwa hal yang paling esensial dalam penegakkan Islam adalah mengemban dakwah, yaitu mengajak manusia untuk menerapkan Islam.

Allah Swt berfirman:

ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik (QS al-Nahl [16]: 125).

Islam juga telah memberikan perintah bahwa dakwah adalah wajib dan harus dilaksanakan segera setelah mempunyai ilmunya. Tidak pernah ada dalam sejarah Islam bahwa dakwah adalah berdiam diri dirumah setelah mengetahui pengetahuan Islam. Kalau kita menilik beberapa riwayat para sahabat (ra) adalah bukti dalam hal ini. Rasulullah saw telah mengingatkan dalam sabdanya:

بَلِّغُوا عَنِّي وَلَوْ آيَةً

Sampaikan apa saja yang dariku walaupun itu hanaya satu ayat (HR al-Bukhari, al-Tirmidzi, dan Ahmad dari Abdullah bin Amr bin 'Ash).

Berikut adalah beberapa hal yang dibutuhkan penting untuk selalu dicamkan dalam benak dan pemikiran seorang pengemban dakwah:

A. Dakwah harus fokus. Seorang muslim harus mengungkapkan dakwah secara jelas, terus terang, dan tidak ditutu-tutupi. Kita sadari ketiadaan khilafah menjadikan dakwah ini lemah dan tidak terus terang. Untuk itu Islam membutuhkan gerbong dakwah untuk menuntaskan permasalahan ini. Ummat islam harus mengungkapkan rencana jahat pihak asing terhadap kelangsungan negeri ini, para agent mereka telah menerapakan ideologi yang rusak yang membuat jarak antara sesama muslim dari kesatuan ummat Islam. Ummat Islam harus menyadari dan memahami bahwa konsep tentang nasionalisme, pragmatisme yang yang salah telah diterapkan secara terencana dan berkesinambungan sehingga ummat menyukai hal ini.

B. Dakwah seharusnya ditujukan untuk pengabdian kepada Allah Swt. Seorang pendakwah dakwah seharusnya tidak mencari keuntungan baik atas harta maupun kedudukan dari dakwah yang dibawakannya. Akan tetapi hanya untuk kepentingan Allah semata. Prinsip ini harus sangat dipahami dan tidak boleh terpisahkan dari kehidupan serta keyakinan, dan tidak boleh sekejap pun berubah hanya karena bujukan manusia atau yang lainnya.

C. Tidak mencampurkan dakwah dengan ide bathil. Rasulullah saw telah memberikan contoh yang sangat gamblang bahwa beliau menyampaikan risalahnya tanpa mengikuti rasa egois beliau ke dalam dakwahnya. Namun beliau berdakwah murni karena perintah Allah Swt.

C. Panggilan dakwah harus diemban tanpa kompromi.
Tidak dibolehkan sama sekali untuk merubah pesan, isi atau materi dakwah yang disampaikan Rasulullah saw demi menyenangkan seseorang atau sekelompok orang, atau untuk mendapatkan dukungan.

D. Dakwah harus jujur, terus terang dan gamblang namun harus disampaikan secara bijak, menggunakan tutur kata yang tepat dan cara yang enak untuk disampaikan tapi tidak merubah isinya. disampaikan dengan benar serta jujur. Terlebih dakwah tidak boleh sama sekali disampaikan dengan mencampurkan dengan ide-ide barat atau di pengaruhi ideologi asing. Dakwah harus disampaikan secara murni dan jernih yang datang dari Islam.

E. Pengemban Dakwah harus siap menghadapai cobaan dan godaan. Satu-satunya jalan untuk menghadapi hal ini adalah ilmu benar atas ide-ide penting Islam seperti Qada' dan Qadr, rizki datangnya hanya dari Allah Swt, atau tawakal (bergantung hanya kepada Allah Swt). Para Pengamban dakwah juga haruslah melengkapi diri mereka dengan pengetahuan mengenai riwayat Rasul-Rasul terdahulu beserta sahabat-sahabatnya dan bagaimana mereka menghadapi banyak kesulitan sehingga akhirnya mereka harus mendekat kepada Qur'an satu-satunya yang memiliki kemampuan untuk memotivasi, menginspirasi dan member kekuatan.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here