Keruntuhan Khilafah Mengundang Keburukan Bagi Umat - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Saturday, March 28, 2020

Keruntuhan Khilafah Mengundang Keburukan Bagi Umat

Aji Salam (ASSALIM Jatim) 

Khilafah telah diruntuhkan oleh Inggris dan agen-agennya 99 tahun lalu dalam kalender hijriah. Keruntuhan Khilafah mengakibatkan berbagai keburukan menimpa umat Islam yang sebelumnya tidak mereka alami. Keruntuhan Khilafah juga menjadi pintu lebar bagi terjadinya berbagai kemaksiatan dan kemungkaran. Para ulama menggambarkan penghancuran Khilafah Islamiyah itu sebagai ummul jara'im (induk kejahatan).

Karena itu ketiadaan Khilafah harus diakhiri. Caranya tentu dengan menegakkan kembali Khilafah yang akan menerapkan kembali syariah Islam secara kâffah. Hal itu merupakan keniscayaan untuk mengakhiri berbagai problem dan keburukan serta untuk mengembalikan kejayaan dan kemuliaan ke tangan umat Islam.

Penegakan Khilafah Islamiyah juga menjadi tuntutan dari kondisi faktual dunia. Ideologi dan sistem sosialisme-komunisme telah tumbang dan ditinggalkan oleh umat manusia karena telah terbukti rusak, bobrok dan buruk. Ideologi dan sistem kapitalisme yang mendominasi dunia saat ini juga tengah limbung didera berbagai krisis yang tak kunjung terselesaikan. Sistem dan hukum buatan manusia tak lagi bisa memberi solusi dan harapan bagi umat manusia. Satu-satunya harapan bagi penyelesaian problem dunia tidak ada lagi selain penerapan syariah Islam di dalam sistem Khilafah Islam.

Penerapan syariah dan penegakan kembali Khilafah Islamiyah merupakan kewajiban syariah. Sangat jelas dan gamblang, kita wajib berhukum dengan risalah yang diturunkan oleh Allah SWT (QS al-Maidah [5]: 48, 49). Al-Quran juga mewajibkan berbagai hukuman seperti qishash atas pembunuh (QS al-Baqarah [2]: 178), hukum potong tangan atas pencuri (QS al-Maidah [5]: 38), hukum cambuk atas pezina bukan muhshan (QS an-Nur [24]: 2), hukum-hukum jihad dan politik luar negeri dan sebagainya.

Semua perintah, hukum dan kewajiban tersebut tidak mungkin terlaksana secara sempurna tanpa ada Khilafah Islam. Karena itu tegaknya Khilafah Islam adalah wajib karena merupakan kunci bagi pelaksanaan semua perintah, hukum dan kewajiban itu secara sempurna (kaffah).

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here