Dicari: Penguasa Yang Betul - Betul Menjadi Pelayan Rakyat... - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Wednesday, April 1, 2020

Dicari: Penguasa Yang Betul - Betul Menjadi Pelayan Rakyat...


Abu Inas (Tabayyun Center)

Penguasa sejatinya adalah pelayan rakyat yang wajib melindungi dan membantu mereka dalam mengatasi berbagai kesulitan hidup. Baik buruknya pelayanan tersebut kelak akan dimintai pertangungjawaban dari Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْؤُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَ الِإمَامُ رَاعٍ وَهُوَ مَسْؤُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ

"Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang mereka pimpin. Penguasa menjadi pemimpin atas rakyatnya dan dia akan dimintai pertanggungjawaban terhadapnya." (HR. Bukhari)

Bagi pemimpin yang memudahkan urusan rakyatnya, maka mereka akan diberi pahala dan kemudahan tidak hanya di dunia namun juga di akhirat kelak. Sebaliknya penguasa yang dzalim dan mengeluarkan kebijakan–kebijakan yang menyengsarakan rakyatnya akan menuai laknat. Rasulullah SAW bersabda:

"Siapa saja yang memegang urusan ummatku dan bersikap lemah lembut kepada mereka maka Allah akan bersikap lembut kepada mereka. Dan siapa saja yang memegang urusan mereka dan menyulitkan mereka maka mereka akan mendapatkan Bahlah. Para sahabat bertanya: "Apakah bahlah itu wahai Rasulullah? Beliau menjawab: "Laknat Allah." (HR. Muslim)

Hadits di atas merupakan celaan kepada penguasa untuk mengatur rakyat dengan cara mempersulit mereka. Celaan tersebut meski berbentuk informasi (khabar) namun merupakan larangan yang bersifat tegas (jazm) karena disertai dengan indikasi (qarinah) yaitu laknat. Dengan demikian haram hukumnya bagi penguasa untuk membuat kebijakan yang mempersulit kehidupan rakyatnya sebagaimana yang dipertontonkan oleh para penguasa sekuler saat ini.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here