Dukungan Untuk Rekan Aktivis Ali Baharsyah Yang Ditangkap! - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Monday, April 6, 2020

Dukungan Untuk Rekan Aktivis Ali Baharsyah Yang Ditangkap!


Adam Syailindra (Forum Aspirasi Rakyat)

Salam perjuangan...

Kepada rekan - rekan aktivis pro keadilan... Situasi wabah corona ini hendaknya tidak membuat kita pasif dan diam tanpa berkontribusi positif untuk tegaknya keadilan di negeri ini. Langkah yang harus kita tempuh memperkuat ukhuwah dan rakyat adalah upaya terakhir solidaritas umat guna memepertahankan api perjuangan bagi umat demi masa depan Indonesia menuju lebih baik. Kiranya meningkatnya ekskalasi perjuangan akan semakin memperkokoh kesadaran umat menghadapi berbagai ujian dan melawan kezaliman.

Kami mendengar bahwa rekan Ali Baharsyah ditangkap diantaranya atas dugaan unggahan video yang pada pokoknya sebagai berikut "...keturunan China Kafir di Indonesia bebas beribadah, ada yang jadi pengusaha, pejabat... Kondisi ini berbanding terbalik dengan umat Islam Uyghur yang hidup di Xinjiang, mereka dipaksa melepaskan Aqidah nya, mereka dianiaya, disiksa..." . Video ini dibuat oleh Ali Baharsyah terkait pembelaan terhadap Muslim Uyghur pada tahun 2019. Ali Baharsyah diperiksa atas laporan internal polisi (LP type A) yaitu Laporan Polisi Nomor: LP/A/0290/111/2019/BARESKRIM tanggal 06 Maret 2019;

Selanjutnya bahwa Perkara yang dituduhkan terkait adanya dugaan tindak pidana ujaran kebencian berdasarkan SARA dan/atau diskriminasi terhadap ras dan etnis, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 45A ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 16 Jo Pasal 4 huruf b angka 1 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

Kami memandang, kalimat - kalimat tersebut tidak ditemui ujaran berupa ajakan atau provokasi untuk melakukan kejahatan terhadap etnis, bahkan bila ditelaah, Saudara Ali sedang menjalankan syiar dakwah membela saudara Muslim di Xinjiang yang memang dizalimi rezim Pemerintah Negara China. Untuk itu, kami berharap keadilan untuk rekan kami dan seluruh aktivis yang berpotensi 'dijerat' oleh pasal - pasal karet UU ITE.

Serta kami mengingatkan akar penindasan yang menimpa umat hari ini adalah sistem ekonomi-politik kapitalisme. Namun untuk melawannya tidak cukup hanya sekedar sadar anti kapitalisme atau menolak rezim yang mendukung kapitalisme.  Pembebasan terwujud hanya dengan jalan syiar dakwah Islam sebagai solusi hakiki, memperluas syiar-syiar dakwahnya, juga mempertahankannya.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here