Rekan Ali Baharsyah Mencari Keadilan! - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Monday, April 6, 2020

Rekan Ali Baharsyah Mencari Keadilan!


Ahmad Rizal (Direktur Indonesia Justice Monitor)

Hari ini umat Islam telah membuktikan makna berbagai aksi - aksi keumatan yang bermartabat dan bersikap adil menunggu tegaknya keadilan di ranah hukum. Bola panas itu kini berada di tangan pemerintah. Siapkah bersikap lebih memanusiakan kehidupan beragama di Indonesia? Siapkah berlaku seimbang? Sebab agama itu untuk manusia, maka sudah seharusnya tidak boleh ada pembungkaman suara - suara dakwah maupun bagi penyeru-penyerunya. Kemurnian keadilan memang harus ditegakkan, tanpa pandang bulu.

Dan kini, jagad media dihebohkan dengan berita penangkapan seorang aktivis yang kritis, rekan Ali Baharsyah oleh Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Mabes Polri, pada Jum'at (3/4/2020) bersama tiga rekannya (Hardi, Khaeruddin, Adit) di Rumah Hardi (sekitar Cipinang), pada sekira pukul 20.30 WIB.

Penangkapan ini dikabarkan sebagai tindak lanjut dari laporan Muanas Alaidid terkait unggahan 'Video Presiden Goblok', yang dituduh menyebarkan berita bohong dan melanggar ketentuan pasal 14 dan 15 UU No 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Pidana.

Kader PSI ini menuduh Ali Baharsyah menyebar kebohongan Tentang Kebijakan Darurat Sipil yang menurutnya bukan opsi yang diadopsi Pemerintah. Pemerintah dalam memerangi virus Covid-19 mengadopsi Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar, Bukan Darurat Sipil.

Yang membuat publik bertanya-tanya, Penyidik juga menyisipkan pasal makar. Anehnya, makar itu diklaim dilakukan menggunakan sarana Facebook. Sekali lagi, makar menggunakan Facebook, bagaimana bisa? Ini aneh. Walhasil, pada kasus ini, hendaknya pihak penegak hukum bersikap arif dan bijak.

Kepada saudara - saudara kami, hari ini kita juga merasakan ada semacam gelombang pasang kemarahan yang melanda dari dunia Muslim, termasuk Indonesia yang merupakan korban kebijakan kapitalistme sekuler. Kita juga melihat spirit api kebangkitan umat Islam telah menyebabkan sebagian orang percaya bahwa satu-satunya cara untuk membawa kemerdekaan adalah dengan perlawanan dan perjuangan. Penulis melihat, ada spirit anti penindasan dan pro-rakyat yang tersirat pada diri rekan Ali Baharsyah. Apakah keadilan hari ini berpihak padanya?

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here