Membangun HERD IMUNNITY COVID 19 - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Tuesday, June 2, 2020

Membangun HERD IMUNNITY COVID 19


Selamatkan diri kita masing masing..
Oleh : Dr.ABD.HALIM,.SpPD.SH.MH.MM.FINASIM

Melihat kondisi sekarang dan keseriusan pemerintah dan masyarakat dalam memutus rantai penularan COVID 19 dengan rezim PSBB yang telah ditetapkan dengan Keppres no 11 tahun 2020 dan PP nomer 21 tahun 2020 tampaknya tidak berhasil sempurna karena setiap hari dari laporan semakin banyak yang positip terinfeksi COVID 19 dengan angka CFR sekitar 8 - 9 % padahal asumsi WHO maksimal 3 % . Tidak adanya kepastian hukum terhadap imbawan #dirumahAja dan larangan berkumpul orang banyak dan jaga jarak membuat dilema sendiri dalam pemutus rantai penularan infeksi covid 19 ini. Imbauan yang mewajibkan memakai masker oleh pemerintah pusat dan daerah tidak dibarengi dengan menyediakan masker yang proteksi covid 19 secara gratis untuk rakyat. Dan belum adanya tindakan nyata dan serius dari pemerintah untuk menyediakan masker buat nakes dan masyarakat umum yang terlihat dari mahalnya masker tersebut sampai naik 100x lipat dari harga normal

Belum lagi ada jaminan pasti tentang program jaminan sosial yang terdampak wabah ini terutama ekomomi bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah baik ASN maupun Non ASN baik yang penghasilan tetap maupun tidak tetap yang ini menjadi alasan mereka keluar rumah untuk mencari rezeki memenuhi kebutuhannya.. Dilematik memang...

Herd Immunity itulah harapan kita.. Selamatkan diri kita masing masing..

Sampai saat ini belum ada vaksin terhadap covid ini dan RRC dan USA baru mengadakan pengujian fase 1 dan 2 terhadap vaccin tersebut. Memerlukan waktu 3 sampai 5 bulan lagi untuk bisa dipakai secara aman dan efektif pada populasi manusia dan tentunya berbiaya mahal karena hak paten mereka..

Menumbuhkan Imunnitas alami terhadap virus ini dengan memaparkan diri kita terhadap virus covid 19 ini kita maju ke medan perang dan menyerahkan diri kita untuk terinfeksi virus ini.. Hebat atau Kejam atau dholim ????😀😀

Untuk MEMENANGKAN tubuh kita terhadap pertempuran ini .. Kebalkan imunnitas kita 😄😄.
Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik dapat melindungi kita sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit, terutama di masa mewabahnya virus Corona seperti sekarang. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Termasuk menerapkan pola hidup sehat bersih (PHBS), menghindari stres, hingga mengonsumsi suplemen agar sistem kekebalan tubuh tetap prima.

Agar imunitas tubuh dapat bekerja dengan optimal sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit, penting untuk menerapkan pola hidup sehat bersih (PHBS). Berikut beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh:

1. Perbanyak makan sayur dan buah
Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut, cenderung tidak mudah sakit. Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

2. Cukupi istirahat
Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Penting untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usia Anda. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

3.Hindari stres
Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Anda perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

4.Rutin berolahraga
Disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki.

5.Hindari rokok dan alkohol
Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar.

Suplemen untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh
Konsumsi suplemen mungkin dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi.

Echinacea
Selain mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuhAnda, echinacea dipercaya bermanfaat sebagai antivirus, antiradang, dan antioksidan. Oleh karena itu, bahan ini diyakini dapat membantu tubuh melawan virus penyebab flu, membantu pertumbuhan sel, serta mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah.

Morinda citrifolia atau buah mengkudu
Buah ini mengandung berbagai macam zat yang dibutuhkan tubuh. Misalnya kalium yang terkandung pada mengkudu, mampu meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh, serta memperbaiki kerusakan sel. Namun, Anda yang memiliki riwayat penyakit ginjal, jantung, atau penyakit liver, disarankan untuk menghindari konsumsi suplemen yang mengandung mengkudu. S

Phylantus atau daun meniran
Kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun meniran, berfungsi melawan radikal bebas dan memperkuat sistem imun tubuh.

Mengandung vitamin B6, C, dan E
Suplemen yang mengandung vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E cukup direkomendasikan. Ketiga vitamin ini dapat memberi manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih optimal.

Menerapkan pola hidup sehat merupakan langkah terbaik dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Namun pada beberapa kondisi, konsumsi suplemen peningkat imunitas tubuh mungkin diperlukan. Disarankan untuk konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsinya, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Dokter dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, dengan dosis yang tepat.

Kalau angka kematian akibat COVID 19 ini berkisar antara 3 sampai 10 % maka ada sekitar 90 % SELAMAT dari covid 19 dan memiliki antibodi terhadap covid 19 dan terlihat dari OTG dengan RAPID test positif.

Berbahagialah yang punya kekebalan ini.. Anda MENANG dan Virus Covid 19 NGACIRRR terbirit-birit.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here