Penyediaan Lapangan Kerja Dan Layanan Pendidikan Yang Oke - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Friday, June 12, 2020

Penyediaan Lapangan Kerja Dan Layanan Pendidikan Yang Oke


Suro Kunto (Ketua SPBRS)

Masalah kemiskinan sering muncul akibat rendahnya kualitas sumber daya manusia, baik dari sisi kepribadian maupun keterampilan. Inilah yang disebut dengan kemiskinan kultural. Masalah ini dapat diatasi melalui penyediaan layanan pendidikan oleh negara. Hal ini dimungkinkan karena pendidikan dalam Islam mengarah pada dua kualifikasi penting, yaitu terbentuknya berkepribadian Islam yang kuat, sekaligus memiliki keterampilan untuk berkarya.

Syariat Islam telah mewajibkan negara untuk menyediakan layanan pendidikan secara cuma-cuma kepada rakyat. Sebab, pendidikan memang merupakan kebutuhan dasar bagi setiap individu rakyat. Layanan pendidikan ini akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan selanjutnya akan mewujudkan individu-individu yang kreatif, inovatif, dan produktif. Dengan demikian, kemiskinan kultural akan dapat teratasi.

Berikutnya soal tanggubg jawab menyediakan lapangan pekerjaan, ini merupakan kewajiban negara. Hal ini menyandar pada keumuman hadis Rasululah saw.:

"Seorang iman (pemimpin) adalah bagaikan penggembala, dan dia akan diminta pertanggungjawaban atas7 gembalaannya (rakyatnya)" (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam sebuah riwayat diceritakan bahwa Rasulullah saw. pernah memberikan dua dirham kepada seseorang. Kemudian Beliau saw. bersabda:

"Makanlah dengan satu dirham, sisanya belikan kapak, lalu gunakan ia untuk bekerja."

Demikianlah, ketika syariat Islam mewajibkan seseorang untuk memberi nafkah kepada diri dan keluarganya, maka syariat Islam pun mewajibkan negara untuk menyediakan lapangan pekerjaan. Dengan cara ini, setiap orang akan produktif sehingga kemiskinan dapat teratasi.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here