Sosialisme - Komunisme Bertentangan Dengan Islam - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Tuesday, June 2, 2020

Sosialisme - Komunisme Bertentangan Dengan Islam


Eko Susanto

Banyak pihak khawatir akan bangkitnya kembali PKI dan paham komunisme. Namun perlu kita waspadai juga adalah paham kapitalisme. Sosialisme-Komunisme dengan pandangannya yang materialistik, juga Kapitalisme yang melihat segalanya dengan pandangan untung-rugi, sepakat melihat kebahagiaan dengan ukuran materi. Dengan kata lain, manusia dianggap bahagia jika kebutuhannya yang bersifat materialistik itu terpenuhi. Sebaliknya, mereka akan merana dan menderita, jika kebutuhannya yang bersifat materialistik itu tidak terpenuhi.

Pandangan seperti ini berbeda sama sekali dengan Islam. Islam memandang kebahagiaan terletak pada ridha Allah SWT kepada manusia. Jika Allah ridha kepada manusia maka dia akan bahagia meski tidak semua kebutuhan materinya terpenuhi. Jika tidak, maka dia akan menderita meski semua kebutuhan materinya terpenuhi.

Aspek di atas sudah cukup untuk membuktikan bahwa baik Sosialisme-Komunisme maupun Kapitalisme tidak sesuai dengan Islam dan bertentangan dengan Islam. Karena itu kedua ideologi ini haram dipeluk, diambil, diterapkan dan diemban di tengah-tengah masyarakat. Bahkan dengan memeluk dan meyakini kedua ideologi ini seorang Muslim bisa menjadi murtad dari Islam.

Aspek lain yang juga pasti berbeda adalah sistem turunan dari kedua ideologi tersebut. Sistem adalah kumpulan hukum yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, baik dalam aspek pribadi, masyarakat maupun negara. Karena sistem ini merupakan turunan dari ideologi tertentu, maka kaidah yang digunakan untuk mengambil dan tidaknya, bukan kaidah, "sesuai atau tidak dengan Islam" atau kaidah, "bertentangan atau tidak dengan Islam", tetapi apakah sistem tersebut "dibangun berdasarkan akidah Islam atau tidak?" atau, "terpancar atau tidak dari akidah Islam?"

Jika sistem tersebut dibangun dari akidah Islam, atau terpancar dari akidah Islam, maka berarti masih bagian dari Islam, dan boleh diambil, diterapkan dan diemban di tengah masyarakat. Namun, jika tidak maka sistem tersebut bukan sistem Islam, dan haram diambil, diterapkan dan diemban di tengah-tengah masyarakat. Meski demikian, tidak berarti orang Islam—karena kebodohannya—yang mengambil, menerapkan dan mengembannya di tengah masyarakat bisa divonis murtad atau kafir; kecuali jika sampai pada keyakinan bahwa sistem Islam itu tidak benar dan sistem kufur itu lebih benar.

Sekadar contoh, meski demokrasi dan Islam sama-sama mengajarkan musyawarah, dalam praktiknya keduanya berbeda karena basis ideologi dan standarnya jelas berbeda. Musyawarah dalam sistem demokrasi tidak dipilah, mana pandangan hukum syariah, mana pandangan yang membutuhkan keahlian, dan mana pandangan yang tidak terkait dengan keduanya, tetapi membutuhkan suara mayoritas. Semuanya tidak dipilah. Semuanya diputuskan dengan suara mayoritas. Berbeda dengan Islam. Islam mengajarkan musyawarah dengan rincian hukum yang detail. Dalam perkara yang menyangkut hukum syariah, Islam menetapkan bahwa suara yang diambil adalah yang paling benar dari aspek dalil dan pemahaman terhadap dalil. Dalam perkara yang menyangkut keahlian, suara yang yang diambil adalah suara ahli dan pendapat yang paling benar. Dalam perkara yang tidak terkait dengan keduanya, Islam menetapkan suara yang diambil adalah suara mayoritas.

Ini adalah contoh betapa jelas perbedaan Islam dengan Kapitalisme dan Sosialisme-Komunisme, mulai dari aspek hulu hingga hilir. Pendek kata, perbedaannya bukan saja di tataran substansi, tetapi sampai pada tataran kulit dan aksiden. Karena itu pula, tidak boleh mendeskripsikan Islam sebagai kombinasi antara Kapitalisme-Komunisme dalam konteks ideologi dan pandangan hidup, sebagaimana sistem pemerintahan Islam disebut teodemokrasi karena mengkombinasikan antara kedaulatan Tuhan dan kekuasaan manusia. Deskripsi seperti ini selain mencerminkan ketidakcermatan, juga bisa merusak kejernihan Islam yang unik dan khas.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here