Bershalawatlah - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Saturday, August 29, 2020

Bershalawatlah


Abu Inas (Tabayyun Center)

Bershalawat adalah termasuk wujud nyata dari mencintai Rasulullah, disamping kewajiban mengimani syariat yang dibawanya, mengamalkannya, dan ikut memperjuangkannya serta peduli terhadap kondisi umat Rasulullah SAW.

Mencintai Rasul saw. adalah wajib (QS at-Taubah: 24) dan harus diposisikan sebagai kecintaan tertinggi setelah kecintaan kepada Allah SWT. Sebagaimana kecintaan kepada Allah itu harus tampak pengaruh dan kesannya pada diri seseorang Muslim, demikian juga kecintaan kepada Rasul saw. Kecintaan kepada Rasul saw itu. tak boleh sekadar klaim kosong.

Qadhi al-'Iyadh dalam kitab beliau, Asy-Syifa bi Ta'rifi Huquq al-Mushthafa, menyatakan tentang kecintaan kepada Rasul itu. "Ketahuilah bahwa siapa yang mencintai sesuatu maka pengaruh dan kesan kebenaran klaim cinta itu haruslah tampak. Jika tidak maka kecintaan itu hanyalah klaim kosong. Orang yang benar-benar mencintai Nabi saw. adalah orang yang tanda-tanda kecintaannya kepada Nabi saw. itu tampak pada dirinya."

Shalawat adalah salah satu amalan sunnah yang akan menghantarkan seorang muslim masuk surga adalah membaca shalawat kepada Rosulullah saw . Hal ini berdasarkan firman Allah:

]إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا[

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (TQS. Al-Ahzab [33]: 56)

Juga berdasarkan hadits riwayat Muslim dari Abdullah bin Amru, bahwa ia pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda:

«مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا»

"Barangsiapa membaca shalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan memberi rahmat sepuluh kali kepadanya karena shalawat itu."

Banyak mengingat Nabi saw. harus disertai dengan mengagungkan beliau, merendahkan diri saat mengingat atau menyebut beliau, serta menampakkan kekhusyukan dan ketundukan ketika mendengar nama beliau. Termasuk dalam hal ini adalah memperbanyak shalawat kepada beliau.


 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here