Khilafah Adalah Kewajiban - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Monday, August 3, 2020

Khilafah Adalah Kewajiban



Ilham Efendi

Khilafah itu sebuah kewajiban, bahkan dijanjikan oleh Allah SWT. Kaidah syariah menyatakan:

مَا لاَ يَتِمُّ الْوَاجِبُ إِلاَّ بِهَ فَهُوَ وَاجِبٌ

Jika suatu kewajiban tidak terlaksana kecuali dengan sesuatu, maka sesuatu itu wajib pula hukumnya.

Sudah diketahui bahwa terdapat kewajiban-kewajiban syariah yang tidak dapat dilaksanakan secara sempurna oleh individu, seperti kewajiban melaksanakan hudud, kewajiban jihad untuk menyebarkan Islam, kewajiban memungut dan membagikan zakat, dan sebagainya. Kewajiban-kewajiban ini tak mungkin dilaksanakan secara sempurna oleh individu, sebab kewajiban-kewajiban ini membutuhkan suatu kekuasaan (sulthah), yang tiada lain adalah Khilafah. Maka dari itu kaidah syariah di atas juga merupakan dalil atas kewajiban adanya Khilafah (Ad-Dumaiji,  Al-Imamah al-'Uzhma, [Kairo: t.p], 1987, hlm. 49).

Telah disebutkan oleh para ulama, misalnya Ibnu Khaldun, "Mengangkat seorang imam (khalifah) wajib hukumnya, dan kewajibannya dapat diketahui dalam syariah dari Ijmak Sahabat dan tabi'in." (Ibnu Khaldun, Muqaddimah, hlm. 191).

Imam Ibnu Hajar al-Haitami berkata, "Ketahuilah pula bahwa para Sahabat—semoga  Allah meridhai mereka—telah bersepakat bahwa mengangkat seorang imam (khalifah) setelah berakhirnya zaman kenabian adalah wajib, bahkan mereka menjadikannya sebagai kewajiban paling penting saat mereka menyibukkan diri dengan kewajiban itu dengan menunda kewajiban menguburkan jenazah Rasulullah saw." (Ibnu Hajar al-Haitami, Ash-Shawa'iq al-Muhriqah, hlm. 7).

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here