Agar Sektor Pertanian Maju - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Wednesday, September 2, 2020

Agar Sektor Pertanian Maju


Ilham Efendi

Pertanian di era pandemi masih menjadi salah satu sektor yang mendominasi struktur PDB menurut lapangan usaha. Padahal periode Januari–Maret 2020, dunia sudah mulai dilanda wabah covid-19.

Agar pertanian di negeri ini tumbuh, hendaknya dalam sektor perindustrian termasuk industri pertanian, nagara hanya mendorong berkembangnya sektor riil saja, sedangkan sektor non riil jangan diberi sebuah kesempatan pun untuk berkembang. Kebijakan ini hanya akan tercapai jika negara bersikap adil dengan tidak memberikan hak-hak istimewa dalam bentuk apapun kepada pihak-pihak tertentu. Baik itu hak monopoli dan pemberian fasilitas khusus. Seluruh pelaku ekonomi akan diperlakukan secara sama.

Negara hendaknya hanya mengatur jenis komoditi dan sektor industri apa saja yang boleh atau tidak boleh dibuat. Selanjutnya, seleksi pasar akan berjalan seiring dengan berjalannya mekanisme pasar. Siapa saja berhak untuk memenangkan persaingan secara wajar dan fair. Tentunya, pelaku ekonomi yang memiliki kualitas dan profesionalitas yang tinggi yang akan dapat memenangkan persaingan.

Industri pertanian akan tumbuh dengan baik, jika sarana dan prasarana yang mendukung tumbuhnya industri pertanian tersedia secara memadai. Sarana dan prasarana tersebut mulai dari tersedianya bahan baku industri pertanian, yakni bahan-bahan pertanian yang memadai dan harga yang layak, jaminan harga yang wajar dan menguntungkan serta berjalannya mekanisme pasar secara transparan serta tidak ada distorsi yang disebabkan oleh adanya kebijakan yang memihak. 

Selain itu juga adanya prasarana jalan, pasar dan lembaga-lembaga pendukung lainnya seperti lembaga penyuluhan pertanian, lembaga keuangan yang menyediakan modal bagi usaha sektor industri pertanian. Hal ini semua diperlukan agar industri pertanian dapat tumbuh dengan baik.


 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here