Bahkan Era Itu Burung - Burungpun Tidak Dibiarkan Kelaparan - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Saturday, September 5, 2020

Bahkan Era Itu Burung - Burungpun Tidak Dibiarkan Kelaparan


Muh. Amin (Direktur Poverty Care)

Salah satu tolok ukur sebuah peradaban adalah bagaimana suatu negara mampu menyejahterakan rakyatnya. Kejayaan ekonomi Khilafah telah muncul di awal-awal peradaban Islam.

Di era pemerintahan Khalifah Umar bin Khaththab selama 10 tahun, di berbagai wilayah (provinsi) yang menerapkan Islam dengan baik, kaum Muslimin menikmati kemakmuran dan kesejahteraan. Buktinya, tidak ditemukan seorang miskin pun oleh Muadz bin Jabal di wilayah Yaman. Muadz adalah staf Rasulullah SAW yang diutus untuk memungut zakat di Yaman. Muadz pada masa Umar pernah mengirimkan hasil zakat yang dipungutnya di Yaman kepada Umar di Madinah, karena Muadz tidak menjumpai orang yang berhak menerima zakat di Yaman. Namun, Umar mengembalikannya. Demikian berulang pada tahun berikutnya. Umar pun memberikan gaji yang besar kepada pegawai negara.

Hal yang sama terjadi di masa Khalifah Umar bin Abdul Aziz. Semua rakyat pada waktu itu berkecukupan. Kemakmuran itu tak hanya ada di Afrika, tapi juga merata di seluruh penjuru wilayah Khilafah Islam, seperti Irak dan Basrah. Sampai-sampai tak ada lagi orang miskin yang berhak menerima zakat.

Pada era Khalifah Umar bin Abdul Aziz berhasil menyejahterakan rakyatnya, sampai-sampai tak ada lagi rakyatnya yang miskin. Pada suatu ketika, Umar Bin Abdul Aziz kedatangan tamu dari utusan provinsi Byzantium (Turki sekarang). Mereka ingin berkonsultasi tentang penggunaan kelebihan gandum di perbendaharaan negara.

Umar pun memerintahkan mereka untuk menyalurkan gandum-gandum tersebut kepada seluruh fakir miskin, dan jika masih bersisa maka gandum-gandum itu disalurkan dalam bentuk bantuan ke negeri-negeri sebelah, termasuk negeri non-Muslim yang berdekatan.

Perintah itu pun dilaksanakan. Ternyata gandum masih tersisa sangat banyak. Tahun berikutnya, utusan itu pun datang lagi ke Damaskus untuk membahas hal yang sama. Jawab Umar pun sama. Mereka pun melaksanakan perintah Khalifah.

Berikutnya, Khalifah memerintahkan bahwa jika gandum itu masih bersisa: "Tebarkanlah gandum di puncak-puncak bukit, agar tidak ada orang yang berkata: ada burung yang kelaparan di negeri kaum Muslimin..."


 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here