Kriminalisasi Ajaran Islam Khilafah Adalah Zalim Dan Mengusik Nurani - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Wednesday, September 2, 2020

Kriminalisasi Ajaran Islam Khilafah Adalah Zalim Dan Mengusik Nurani


Boedihardjo, S.H.I. (Ketua LBH Pelita Umat Korwil Jatim)

Apabila ada delik pidana yang disematkan kepada aktivis Islam karena mendakwahkan kewajiban menegakkan khilafah maka bisa dinilai zalim dan mengusik nurani publik. Khilafah adalah ajaran Islam. Bukan ajaran terlarang. Padahal Islam adalah salah satu agama resmi yang diakui negara. Sedangkan konstitusi memberikan jaminan umat Islam untuk menjalankan ibadah sesuai agamanya  berdasarkan Pasal 28E, Pasal 281 ayat (1), Pasal 28J, dan Pasal 29 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Khilafah sebagai ajaran Islam tetap sah dan legal untuk didakwahkan ditengah-tengah umat. Mendakwahkan ajaran Islam termasuk menjalankan ibadah berdasarkan keyakinan agama Islam, dimana hal ini dijamin konstitusi. 

Sebagai bagian dari ajaran Islam, ulama imam madzhab telah sepakat tentang kewajiban mengangkat khalifah di tengah-tengah umat Islam. Kewajiban menegakkan khilafah ini telah menjadi ijmak para ulama, khususnya ulama Ahlus Sunnah wal Jamaah (Aswaja). Imam an-Nawawi juga menyatakan, "Mereka (para imam mazhab) telah bersepakat bahwa wajib atas kaum Muslim mengangkat seorang khalifah." (An-Nawawi, Syarh Muslim).

Pendapat tentang kewajiban menegakkan khilafah ini juga diketengahkan oleh para ulama besar lain semisal Imam Ahmad, al-Bukhari dan Muslim, at-Tirmidzi, ath-Thabarani dan Ashhab as-Sunan lainnya; Imam al-Zujaj, Abu Ya‘la al-Firai, al-Baghawi, Zamakhsyari, Ibnu Katsir, Imam al-Baidhawi, Imam an-Nawawi, ath-Thabari, al-Qurthubi, Ibnu Khaldun, Imam al-Qalqasyandiy, dan lain-lain

Di Indonesia, Sulaiman Rasyid, dalam kitabnya yang sangat terkenal, Fiqh Islam, juga mencantumkan bab tentang khilafah. Bab tentang khilafah juga pernah menjadi salah satu materi di buku-buku madrasah (MA/MTs) di Tanah Air. Karena itu khilafah sesungguhnya bukan merupakan sesuatu yang asing bagi umat Islam.

Karena khilafah adalah ajaran Islam, yang bersumber dari Allah SWT, adalah mustahil kalau ajaran khilafah menyebabkan kehancuran, kerusakan, atau mudharat untuk manusia termasuk bangsa ini. Bagaimana mungkin ajaran Islam yang bersumber dari Allah SWT dengan sifatnya ar Rahman ar Rahim, membuat hukum untuk mencelakakan manusia?

Keberadaan Khilafah Islam yang akan menerapkan syariah Islam secara totalitas, membuat manusia akan merasakan bagaimana kebaikan Islam yang rahmatan lil alamin. Khilafah Islam menjamin terpenuhinya kebutuhan pokok tiap individu masyarakat, sandang pangan, dan papan. Khilafah bertanggung jawab terhadap pendidikan dan jaminan kesehatan masyarakat, semuanya gratis. Dan ini berlaku bukan hanya bagi Muslim tapi juga non Muslim (orang kafir) yang menjadi warga negara Khilafah Islam.


 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here