Menjadi Muslim Good Looking - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Saturday, September 5, 2020

Menjadi Muslim Good Looking


Oleh Ainul Mizan (Peneliti LANSKAP) 

Baru - baru ini istilah "Good Looking" jadi bahan perbincangan. Pasalnya pada pertemuan Webinar bertajuk Strategi Menangkal Radikalisme pada ASN (2/9/2020), Menag tegaskan bahwa paham radikalisme masuk masjid lewat anak yang "good looking" (www.cnnindonesia.com, 2 September 2020).

Sedikit berselancar, saya menemukan beberapa artikel yang membahas good looking. Termasuk makna good looking versi kamus. Akhirnya bisa disimpulkan bahwa good looking yang leterleknya berarti berpenampilan menarik ini mencakup 2 aspek yakni fisik dan non fisik. Secara fisik memang menarik karena ganteng, gagah, cantik dan semisalnya. Sedangkan good looking secara non fisik terkait tindak tanduk, adab, perangai, kompetensi, dan yang semisalnya.

Jadi sebagai seorang muslim tentu merupakan ajaran Islam agar menjadi good looking. Memiliki kepribadian yang islami adalah wujud good looking bagi seorang muslim. Bahkan menjadi kewajiban untuk berkepribadian islam.

Adapun aspek kepribadian Islam itu mencakup pola pikir dan pola sikap kejiwaannya. Jadi tatkala seorang muslim menjadikan Islam sebagai standar pola pikir dan pola sikap jiwanya, tentunya ia telah memiliki kepribadian yang Islami. Dengan memiliki kepribadian yang islami, maka ia telah menjelma menjadi sosok yang good looking. Bahkan kepribadian Islam yang dimilikinya lebih mulia daripada tampilan fisik wajah yang ganteng maupun cantik.

Di dalam Kitab Raudhotul Muhibbin wa Nuzhatul Musytaqin disebutkan sebuah penjelasan berikut:
وكما ان الجمال الباطن من اعظم نعم الله تعالى على عبده فالجمال الظاهر نعمة منه ايضا على عبده يوجب شكرا
Sesungguhnya kebagusan batin itu merupakan bagian dari seagung - agungnya nikmat Alloh atas hamba. Sedangkan bagusnya fisik itu juga bagian dari nikmat atas hamba yang wajib disyukuri. 

Selanjutnya, Al Imam Ibnul Qayyim al - Jauziyyah memberikan penekanan dengan ungkapan berikut ini. 

فحسن الباطن يعلوا قبح الظاهر ويستره،  وقبح الباطن يعلوا جمال الظاهر ويستره. 
Maka bagusnya batin lebih tinggi dari jeleknya fisik dan bisa menutupinya. Sedangkan jeleknya batin itu lebih tinggi dari kebagusan fisik dan bisa menutupinya (halaman 160, edisi 4 terbitan 2012 Dar Kutub ilmiyyah).

Dan bagusnya fisik dan batin ini harus disyukuri. 

فان شكره بتقواه وصيانته ازداد جمالا على جماله، وان استعمل جماله في معاصيه سبحانه قلبه له شيئا ظاهرا في الدنيا قبل الاخرة، فتعود تلك المحاسن وحشة وقبحا وشينا، وينفر عنه من رآه. 
Mk jika ia mensyukurinya dengan taqwa sebagai penjagaannya, niscaya akan bertambah kebagusan yang ada pada dirinya. Dan bila ia menggunakan kebagusannya untuk bermaksiat kepada Allah, niscaya Alloh akan mengubah tampilan fisiknya di dunia sebelum di akherat, menghilangkan kebagusan fisik dengan kehinaan, kejelekan, dan keburukan. Orang lain menjadi membencinya saat melihat padanya. 

Demikianlah, seorang muslim akan bersemangat untuk menimba ilmu tentang agamanya sehingga ia mengerti hukum - hukum Islam, dan bersemangat untuk menghafalkan al - Qur'an serta mentadabburinya. Semuanya dilakukan untuk menjadikan pola pikirnya bersandar pada Islam. Selanjutnya ia akan berusaha untuk melaksanakan hukum - hukum Islam yang dipahaminya. Ia akan memperjuangkan agar hukum Islam bisa dilaksanakan secara paripurna. Ia menyadari bahwa tanpa kekuasaan, Islam menjadi terlantar dan lenyap. Maka ia penuh keikhlasan untuk menjadikan Islam menang atas semua agama dan ideologi lainnya. Di saat demikianlah pola sikap kejiwaannya didasarkan pada Islam. Ia bahagia dan tegar di jalan yang diridhoi Allah. Tentunya dengan pola pikir dan pola jiwa yang taat sepenuhnya kepada Allah, niscaya akan menambah kebagusan kepribadiannya. Inilah sosok muslim yang good looking dengan ketaatannya pada Allah. 

Muslim yang good looking itu mempunyai karakter sebagai ibadur rahman. Menebarkan kebaikan, menunjukkan jalan Islam pada manusia dan berlomba - lomba meraih ridho Allah. Akhlaq dan adabnya mulia. Tentu saja sosok yang sedemikian sangat tidak layak untuk dicurigai. 

Di tengah kehidupan yang sekuler ini, banyak PR besar yang harus ditangani dengan baik. Maraknya gaul bebas di tengah muda - mudi, perzinahan, tawuran dan dekadensi moral lainnya. Semua ini menunjukkan satu hal, yakni dibutuhkan upaya serius untuk memperbaikinya. Mestinya negara tidak mengalami disorientasi. Negara mengajak semua elemen kaum muslimin guna bisa memberantas bentuk - bentuk pelanggaran terhadap ajaran agama. Negara melakukan upaya pembinaan rakyat dengan Islam. Mewujudkan semakin banyak sosok muslim yang good looking guna terwujudnya tatanan kehidupan yang good looking. Sebuah tatanan kehidupan yang mampu merealisasikan nilai ketaqwaan tertinggi kepada Allah yakni penerapan Islam secara paripurna dalam wadah sistem pemerintahan yang good looking, al - Khilafah. 

# 4 September 2020


 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here