Yakinkan Kepada Anak - Anak Tentang 1 Hal Penting - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Sunday, October 18, 2020

Yakinkan Kepada Anak - Anak Tentang 1 Hal Penting


Ainun D. Nufus (Direktur Muslimah Care)

Bagi orangtua dan para pendidik generasi, penting untuk dicatat bahwa mengajarkan Sirah Nabi saw. secara tasyri'i, harus diambil sebagai manhaj (jalan dakwah) yang ditempuh oleh beliau. Anak harus dipahamkan bahwa inti dari pengutusan Rasulullah saw. adalah untuk tegaknya Islam di muka bumi. Di pundak generasi saat ini ada kewajiban untuk mewujudkan Islam kembali dalam realitas kehidupan.

Penjelasan visi dan misi kerasulan Muhammad saw. kepada anak-anak adalah hal penting pertama yang harus ditanamkan. Banyak nash yang menggambarkan visi dan misi ini, di antaranya adalah firman Allah SWT (yang artinya): Dialah Yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, menyucikan mereka dan mengajari mereka Kitab dan hikmah (QS al-Jumu'ah []: 2).

Penting untuk dijelaskan kepada anak-anak bahwa generasi saat ini mempunyai kewajiban untuk melanjutkan visi dan misi tersebut: bahwa tegaknya Islam adalah persoalan utama umat ini sekaligus menjadi kehormatannya. Umat Islam ketika tidak menerapkan agamanya menjadi umat yang terpuruk dan hina.

Pada aspek ini harus terwujud pemahaman pada anak-anak bahwa mereka adalah para pengemban dakwah/penerus risalah. Mereka punya misi untuk menjadikan Islam 'hidup' dalam jiwa mereka, hadir di tengah keluarga dan juga lingkungannya. Pada diri mereka harus tertanam kesadaran untuk melakukan 'amar ma'ruf dan nahyi munkar. Visi ini harus tertancap kuat di benak mereka. Mereka harus sadar bahwa kehidupan itu tidak sekadar hanya melewati fase demi fase usia, dari bayi menjadi kanak-kanak, dari kanak-kanak menjadi remaja, menjadi dewasa, berumah tangga, bekerja dan kemudian meninggal. Cakupan visi Muslim harus mencakup kehidupan dunia, sebelum dan sesudahnya. Anak-anak harus paham jawaban dari pertanyaan: "Dari mana mereka dan makhluk lain berasal, untuk apa mereka ‘dihadirkan’ ke dunia ini dan akan kemana mereka setelah kehidupan dunia kelak?" Untuk menjawab pertanyaan penting ini, orangtua wajib membimbing mereka dengan akidah Islam.

Orangtua mutlak harus memahamkan bahwa sebelum kehidupan dunia ini, ada Allah SWT yang menciptakan alam dan seisinya. Allah menciptakan manusia untuk mengemban risalah Islam ke penjuru dunia, beribadah kepada Allah SWT, menjalankan seluruh perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya, lalu setelah kehidupan dunia mereka akan bertemu Allah untuk mempertanggungjawabkan perbuatan-nya selama di dunia. Kejelasan visi inilah yang akan menjaga anak pada jalur yang benar sepanjang kehidupan mereka.

Penting untuk menggambarkan kepada anak-anak tentang keberanian Rasulullah saw. dan para sahabatnya dalam peperangan untuk menegakkan Islam, agar mereka mengetahui bahwa beliau adalah sosok yang pemberani, dan para sahabat beliau seperti Abu Bakr ra., Umar ra., Utsman ra., Ali ra., Muawiyah dan yang lainnya telah meluaskan dakwah Islam ke berbagai penjuru bumi.

Dengan bantuan para sahabat Anshar, sahabat Muhajirin bisa hidup layak dan tenang. Mereka bahu-membahu membantu Rasulullah saw. untuk membangun Madinah sebagai Daulah Islam pertama yang langsung dipimpinnya. Mereka bersama Rasulullah saw. mampu ‘menaklukan’ Makkah dan menjadikan penduduknya tunduk dan patuh pada Allah SWT. Peristiwa tunduknya suku-suku Arab lain dan bangsa-bangsa non-Arab kepada kepemimpinan Islam memberikan pelajaran berharga bagi anak terkait kesungguhan para Sahabat untuk meninggikan kalimat Allah di muka bumi.

Penting pula untuk memahamkan anak-anak tentang kejahatan musuh - musuh Islam dan kebencian mereka terhadap Islam dan umatnya. Mereka adalah musuh utama umat dan dakwah Islam. Dari masa ke masa mereka selalu menghalangi tegaknya Islam di muka bumi, tak terkecuali saat ini.

Yakinkan kepada mereka bahwa jika umat Islam di seluruh dunia bersatu, akan membuat gentar kaum kafir. Terkotak-kotanya umat Islam dalam berbagai negara telah membuat umat ini lemah dan mudah bagi musuh untuk menindas mereka. Sebagaimana yang terjadi pada kaum Muslim Rohingya di Burma, Muslim Moro di Pattani, di Palestina, di Suriah, di Irak, di Mesir, di Uighur dan negeri lainnya.

Tanamkan kesadaran pada anak-anak bahwa kaum Muslimin akan mampu membebaskan al-Quds, Suriah, Bumi Kinanah dan tempat lainnya ketika umat ini mempunyai pemimpin sebagaimana Rasulullah saw. dan khalifah sesudahnya yang akan memimpin pasukan pembebas ke negeri-negeri tersebut.

Tanamkan bahwa umat ini butuh pemimpin umat yang akan membebaskan mereka dari kondisi buruk akibat makar musuh - musuh Allah SWT. Namun umat ini belum mempunyai perisai kokoh yang melindungi mereka. Untuk mewujudkan sang pemimpin ini dibutuhkan perjuangan, sebagaimana perjuangan Rasulullah saw. dan para sahabat. Anak-anak harus disadarkan tentang perjuangan ini karena kelak mereka akan menjadi bagian dari barisan para pejuang Islam.


 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here