Memilih Partai Dakwah - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Saturday, December 5, 2020

Memilih Partai Dakwah


M. Arifin (Tabayyun Center)

Allah Swt telah mewajibkan dakwah bagi setiap Muslim. Allah Swt juga telah mewajibkan pada ummat untuk mendirikan setidaknya satu golongan yang menyeru kepada kebaikan yaitu Islam, untuk menyeru kepada yang ma’ruf (semua yang baik) dan mencegah yang munkar (semua yang buruk). Allah Swt berfirman:

وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

"Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung." [Al-Imran: 104]

Ayat ini mewajibkan bagi setiap ummat Islam untuk membentuk satu kelompok. Tugas ini akan efektif maka dibutuhkan usaha bersama. Lebih jauh Rasul saw bertugas bersama para sahabat sebagai satu kelompok untuk merubah masyarakat kufur dan menggantinya menjadi masyarakat yang Islami.

Ada beberapa poin untuk dipertimbangkan sebelum memilih kelompok atau kelompok-kelompok yang benar untuk memastikan bahwa usaha yang diambil adalah dengan penuh kesadaran. Dengan segala usaha ini, Allah Swt akan mencatat kapatuhan kita pada-Nya dan dengan demikian memilih kelompok mana saja tidak diperbolehkan, dibandingkan kelompok atau kelompok-kelompok yang memenuhi kewajiban menurut ayat ini haruslah dipertimbangkan. Inilah beberapa poin-poin tersebut :

1. Kelompok ini haruslah kelompok Islam.

Allah Swr menyebutkan dalam ayat ini kata 'al-khair', yang berarti Islam. Jadi bila mereka bekelompok dalam kelompok nasionalis, demokratis, kapitalis, sosialis atau yang lainnya, mereka tidak akan memenuhi perintah dalam ayat ini. Bahkan bergabung dalam kelompok yang asasnya berasal dari ide-ide asing atau semisalnya adalah dosa, sebagaimana menyerukan ide-ide ini atau semacamnya adalah haram.

2. Kelompok ini haruslah menyerukan isu-isu penting, sebagaimana ditegaskan dalam Islam.

Isu penting saat ini adalah penegakan kembali khilafah. Sebab, khilafah yang akan menerapkan Islam. Tanpa khilafah, tidak akan mungkin bagi masyarakat dapat mentaati seluruh hukum Islam. Dengan kata lain menyerukan Khilafah adalah sebuah pekerjaan politik, sebagaimana melibatkan perubahan masyarakat untuk membangun kekuasaan dan merubah kekuasaan berasas non Islam yang ada saat ini. Jadi kelompok ini haruslah sebuah kelompok atau partai politik.

3. Kelompok ini haruslah memiliki metode yang jelas dalam keanggotaan.

Telah banyak diamati bahwa banyak kelompok yang dinodai dengan konflik, pertentangan, pertikian, dan semacamnya. Hal ini disebabkan karena para anggota dari kelompok-kelompok ini tidak miliki persamaan tujuan dan ide. Biasanya orang-orang antusias untuk memilih atau bergabung dengan suatu kelompok hanya karena mereka ingin menunjukkan bahwa mereka antusias untuk bekerja bersama-sama tapi sayangnya tanpa ide dan tujuan yang sama atau kabur.

4. Kelompok ini haruslah memiliki sebuah ‘proses pembinaan’.

Harus memiliki cara untuk membina dengan baik anggota baru dalam kelompok sebagaimana membina para anggota-anggotanya. Pembinaan ini haruslah ditangani dengan serius dan harus diikuti oleh seluruh anggota. Ini untuk memastikan mereka dibina dan dibangun dengan pembinaan Islam, memurnikan tujuan dan pemikiran mereka, membangun konsep-konsep mereka dan menguatkan keputusan mereka. Jadi semangat dan antusias awalnya dipindahkan menjadi ilmu yang bergema dan pekerjaan yang konsisten. Sangat disayangkan bahwa banyak yang memulai bekerja untuk Islam dan kemudian menghentikannya; ini dapat digolongkan sebagai kekurangan dalam pembinaan dengan Islam dalam kelompok ini.

5. Kelompok ini haruslah jelas dalam bersuara, dan tegas dalam bertindak.

Untuk menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah yang munkar membutuhkan para Muslim untuk menentang yang salah dan membela yang benar.

6. Kelompok ini haruslah mempelajari fakta secara jelas dan komprehensif.

Islam memerintahkan bahwa fakta dimana kelompok ini bertugas haruslah dipahami. Termasuk juga mempelajari dengan baik pemikiran-pemikiran dan ide-ide yang ada di masyarakat juga makar-makar dan rencana-rencana kaum kafir dan agen-agen penguasa di negeri-negeri kita. Dengan hanya memiliki pemahaman umum mengenai fakta tidak akan memungkinkan masyarakat untuk memahami kenyataan mendasar dari permasalahan yang kita hadapi.

7. Kelompok ini tidak boleh merendahkan atau menyalahkan ummat karena mereka tidak mau bergabung atau atau tidak mau membela Islam.

Kelompok ini justru harus mengajak ummat untuk bangkit, menyemangati mereka, mengajak mereka untuk bangkit dari tidurnya dan mengadakan perubahan kearah yang benar.

8. Kelompok ini haruslah memiliki suasana kuat yang menyatukan para anggotanya.

Suasana ini haruslah suasana yang murni dan haruslah berdasarkan pada pencarian ridho Allah Swt. Kekuatan ide membuat seseorang bersedia untuk mengorbankan waktu dan usahanya.


 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here