Daulah Al 'Adl


Suardi Basri (Bidang Pendidikan HRC)

Daulah Khilafah adalah negara yang memiliki berbagai keistimewaan saat ini telah runtuh. Setelah dihapuskan oleh Musthafa Kemal pada 28 Rajab 1342 H atau 3 Maret 1924, umat Islam hidup tanpa Khilafah. Sejak itu sebagian besar hukum syariah tidak dijalankan. Akibatnya, Islam sebagai rahmatan li al-‘alamin tidak terwujud dalam kehidupan.

Sebaliknya, kehidupan dunia dikuasai oleh kezaliman dan ketidakadilan, seperti yang dialami umat Islam di negeri ini dan di berbagai belahan dunia lainnya. Umat ini tak henti dirundung nestapa. Kemiskinan terus membengkak. Utang luar negeri bertambah banyak. Berbagai kriminalitas semakin marak. Korupsi kian melonjak. Kekayaan alam umat dijarah. Bahkan negerinya pun dijajah. Inilah realitas umat Islam tanpa Khilafah.

Daulah Khilafah Islamiyyah hakikatnya adalah dawlah al-‘adl, yakni negara yang mewujudkan keadilan dalam kehidupan. Sebab, hukum yang ditegakkan Khilafah Islamiyyah adalah hukum yang berasal dari Zat Yang Mahaadil

وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ الله حُكْمًا لِقَوْمٍ يوُقِنوُنَ

(Hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi kaum yang yakin? (QS al-Maidah [5]: 50).

Keadilan itu juga terwujud karena Khilafah Islamiyyah memperlakukan rakyatnya secara adil di depan hukum dan peradilan, tanpa memandang strata sosial, suku, bangsa, maupun agamanya. Allah SWT berfriman:

وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ

Jika kalian menetapkan hukum di antara manusia, hendaklah kalian menetapkan hukum itu dengan adil(QS al-Nisa [4]: 58).

Realitas ini tentu berbeda dengan negara demokrasi yang menyerahkan pembuatan undang-undang kepada segelintir orang. Bagaimana mungkin tercipta keadilan jika undang-undang yang diterapkan dibuat oleh segelintir orang yang tak terbebas dari ambisi dan tendensi pribadi, apalagi suka korupsi dan dapat diintervensi?

Daulah Khilafah juga dawlah al-hidayah; negara yang menebarkan petunjuk kepada manusia; mengeluarkan mereka dari kegelapan menuju cahaya kebenaran Islam. Sebab, politik luar negeri Daulah Khilafah adalah nasyr al-Islâm ilâ al-‘âlam (menyebarkan Islam ke seluruh dunia). Dengan Daulah Khilafah Islam dengan cepat tersebar ke seluruh antero dunia; wilayah kekuasaanya terbentang luas, bahkan menjadi negara adidaya berabad-abad lamanya.

Ini jelas berbeda dengan negara kapitalis yang menebarkan ideologinya dengan jalan imperialisme, seperti Amerika dan negara-negara kafir penjajah lainnya. Mereka melakukan ekspansi ke negara lain untuk menjarah kekayaannya, menjajah negerinya dan memperbudak penduduknya.


 

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post