Menjadi Bagian Dari Thoifah Zhahirah - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Friday, February 26, 2021

Menjadi Bagian Dari Thoifah Zhahirah

Hadi Sasongko


Akan muncul kelompok yang dimenangkan Allah SWT.Tsauban menuturkan bahwa Rasul saw. pernah bersabda:


لاَ تَزَالُ طَائِفَةٌ مِنْ أُمَّتِي عَلَى الْحَقِّ، ظَاهِرِينَ، لاَ يَضُرُّهُمْ مَنْ يَخْذُلُهُمْ ، حَتَّى يَأْتِيَ أَمْرُ اللهِ


Akan senantiasa ada kelompok dari umatku yang tegak di atas kebenaran, mereka menang. Orang-orang yang merendahkan mereka tidak akan memadaratkan mereka hingga datang ketentuan Allah (HR Ahmad, Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzi dan Ibn Majah).


Nabi saw. juga bersabda:


لاَ تَزَالُ عِصَابَةٌ مِنْ الْمُسْلِمِينَ يُقَاتِلُونَ عَلَى الْحَقِّ ظَاهِرِينَ عَلَى مَنْ نَاوَأَهُمْ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ


Akan ada kelompok dari kaum Muslim berperang di atas kebenaran; mereka menang atas orang yang memusuhi mereka hingga Hari Kiamat (HR Muslim).


Uqbah bin Amir juga menuturkan bahwa Nabi saw. pernah bersabda:


لاَ تَزَالُ عِصَابَةٌ مِنْ أُمَّتِي يُقَاتِلُونَ عَلَى أَمْرِ اللهِ قَاهِرِينَ لِعَدُوِّهِمْ لاَ يَضُرُّهُمْ مَنْ خَالَفَهُمْ حَتَّى تَأْتِيَهُمُ السَّاعَةُ وَهُمْ عَلَى ذَلِكَ


Akan senantiasa ada kelompok dari umatku yang berperang di atas ketentuan Allah; mereka menang atas musuh mereka. Orang yang menyalahi mereka tidak akan memadaratkan mereka hingga datang kepada mereka Hari Kiamat dan mereka tetap di atas yang demikian (HR Muslim)


Urgensi yang ada bukanlah tentang justifikasi bahwa jamaah anu adalah thâifah zhâhirah sedangkan jamaah lainnya bukan. Bukan itu urgensinya. Hadis ini tidak menyebutkan siapa, melainkan menyebutkan dan menjelaskan sifat dan karakternya.


Sikap terhadap hadis thâifah zhâhirah haruslah seperti yang dilakukan para Sahabat, tâbi’în dan atbâ’ at-tâbi’în dalam menyikapi hadis yang berisi berita tentang kebaikan bagi kaum Muslim. Saat mereka mendengar hadis penaklukan Konstantinopel maka mereka, sampai yang tua sekalipun seperti Abu Ayyub al-Anshari, berusaha semaksimal mungkin agar kemuliaan itu berhasil terwujud melalui tangan mereka. Para khalifah pun silih berganti mengirimkan pasukan untuk meraih kemuliaan itu, hingga terealisasi oleh Muhammad al-Fatih.


Hadis ini telah menjelaskan sifat-sifat dan keutamaan thâifah zhahirah, bahwa ia tegak dan istiqamah di atas kebenaran, yaitu Islam. Ia akan memerangi musuh, mengalahkannya dan meraih kemenangan gemilang. Itu tidak bisa kecuali dengan adanya Daulah Islamiyah, yaitu Khilafah, dan militer Muslim yang mampu mengalahkan negara-negara kafir dan militernya.


Jadi, urgensi yang ada adalah, siapa dari kita yang ingin menjadi bagian dari thâifah zhâhirah itu hendaknya merealisasikan sifat-sifat dan prasyaratnya. Hendaknya ia tegak dan istiqamah di atas Islam, memperjuangkan dan membelanya. Hendaknya ia berjuang dengan penuh kesungguhan dan segenap daya untuk mewujudkan Daulah Islamiyah.

 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here