Berjalanlah... Semua Butuh Kesabaran Dan Pengorbanan - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Wednesday, March 24, 2021

Berjalanlah... Semua Butuh Kesabaran Dan Pengorbanan


Ainun D. N. (Direktur Muslimah Care)

Ujian adalah tabiat dakwah Islam. Ia bukan saja menjadi ujian bagi suami, namun juga bagi istri. Oleh karena itu, istri yang sabar menghadapi ujian dakwah sebenarnya telah memberikan dukungan bagi dakwah suaminya.

Sumayyah binti Khubath ra. istri Yasir telah tercatat dalam sejarah perjuangan umat Islam pada mulanya. Kekuatan keyakinannya kepada Allah SWT menjadikan hatinya tetap tegar meski sang suami juga mendapatkan siksaan serupa. Ia sabar menanggung ujian dakwah meski harus meregang nyawa.

Demikian pula Ummu Imarah ra. yang tak pernah menyerah memasuki medan jihad baik ketika hidup bersama suaminya yang pertama maupun yang kedua. Itulah risiko hidup bersama pejuang Islam. Namun, ia mampu bersabar sehingga tetap tegar ikut berjuang bersama kaum muslim lain.

Dakwah tentu memerlukan pengorbanan. Apalah jadinya jika istri tidak siap berkorban dan tidak ridha terhadap pengorbanan sang suami, pastilah suami akan terkendala dalam perjalanan dakwahnya.

Inilah yang dicontohkan Ummu Sulaim binti Milhan ra. istri Abu Thalhah. Ummu Sulaim menikah dengan Abu Thalhah, sedangkan maharnya adalah keislaman suaminya. Padahal Abu Thalhah sendiri adalah seorang konglomerat nomor satu dari kabilah Anshar. Ketika ia mengetahui firman Allah SWT dalam surah Ali Imran ayat 92, kontan Abu Thalhah menghadap Rasulullah saw. Ia kemudian berkata, “Sesungguhnya harta yang paling saya cintai adalah tanah perkebunan Bairuha. Saat ini tanah itu saya sedekahkan untuk Allah dengan harapan akan mendapat-kan ganjaran kebaikan dari Allah kelak. Maka pergunakanlah sekehendak Anda, wahai Rasulullah.”

Ummu Sulaim ra. bukanlah istri yang cinta pada harta suaminya. Demi terjaganya Islam pada dirinya ia rela menikah dengan mahar keIslaman suaminya. Demi pelaksanaan tugas dakwah suaminya, ia rela harta suaminya disedekahkan untuk Allah SWT.

Demikian pula pengorbanan istri Abu Bakar ra, yaitu Ummu Ruman ra. yang ditinggalkan suaminya karena menemani Rasulullah saw. berhijrah ke Madinah. Abu Bakar ra. tidak meninggalkan harta bagi keluarganya, karena semua hartanya disedekahkan untuk dakwah Islam. Namun, Ummu Ruman ra. ridha atas pengorbanan suaminya di jalan dakwah itu.


 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here