Karena Guru Itu Digugu Lan Ditiru - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Monday, March 22, 2021

Karena Guru Itu Digugu Lan Ditiru



Romadhon (Bengkel IDE)

Guru adalah teladan terbaik bagi peserta didik di lingkungan sekolah. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa anak/siswa lebih mudah mencontoh tingkah laku orang tuan ataupun gurunya daripada ucapannya. Karenanya keteladanan itu penting. Dan methode keteladanan ini terbukti paling berhasil dalam mempersiapkan dan membantu membentuk tingkah laku anak.

Oleh karena itu para guru harus bisa menjadi figur yang baik bagi anak-anak didiknya dan melakukan sesuatu yang yang dikatakan. 

Di samping para guru harus menguasai materi yang akan diajarkan, juga harus memahami keadaan anak didiknya, dan memahami metode pendidikan. Sehingga kita mampu memilih metode dan teknik yang tepat sesuai dengan tingkat akal anak. Dan mampu mengelola psikis anak dengan baik. 

Hal ini perlu diperhatikan karena bisa jadi kita punya 30 peserta didik, dan ternyata karakter mereka semua berbeda satu sama lain. Dan ingat tentu saja berbeda kurikulum untuk anak didik kita yang umur 10 tahun dengan anak didik yang umur 17 tahun. Karenanya harus sesuai dengan tingkat akal anak, sehingga bisa dipahami. Sabda Rasulullah:

امرناان نكلم الناس  علىقد رعقولهم

“Kami diperintah supaya berbicara kepada manusia menurut kadar akal (kecerdasan) mereka masing-masing” (HR. Muslim)

Dan yang terpenting, para guru perlu menghujamkan rasa ikhlash dalam melaksanakan tugasnya karena sesungguhnya Allah memerintahkan hambahnya untuk beribadah dengan ikhlash, termasuk mendidik para siswa. Sebagimana firman Allah dalam surat al Bayinah ayat 5:

وَما أُمِروا إِلّا لِيَعبُدُوا اللَّهَ مُخلِصينَ لَهُ الدّينَ حُنَفاءَ

Artinya:
"Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus."

Dan sungguh Allah membatasi ibadah yang diterima disisi-Nya hanya ibadah yang dilaksanakan hanya karena Allah.


 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here