Membantu Sang Suami - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Wednesday, March 24, 2021

Membantu Sang Suami



Ainun D. N. (Direktur Muslimah Care)

Menjadi kepala keluarga sekaligus pengemban dakwah adalah tugas suami yang tidak ringan. Pada kondisi tertentu, suami dihadapkan pada ujian hidup yang tidak ringan. Apalagi dalam kehidupan kapitalis sekular seperti sekarang ini, tak jarang keluarga atau suami diuji dengan sulitnya mencari rezeki, kondisi kesehatan yang kurang prima, atau persoalan pekerjaan dan lain sebagainya. 

Alangkah indahnya kehidupan rumah tangga yang dibangun oleh istri yang mendukung dakwah suaminya yang sedang kesulitan tersebut. Ia tidak akan merecoki apalagi membebani suami dengan hal-hal yang memberatkan dan di luar kemampuannya sehingga berpengaruh pada pelaksanaan kewajiban dakwahnya.

Apa yang dialami Asma binti Abu Bakar terhadap suaminya Zubair bin Awwam layak menjadi teladan istri pedukung dakwah suami. Asma menuturkan, “Zubair menikahi aku, sedangkan dia tidak memiliki apa-apa kecuali kudanya. Akulah yang mengurusnya dan memberinya makan, dan aku pula yang mengairi pohon kurma, mencari air, dan mengadon air. Aku juga mengusung kurma yang dipotong oleh Rasulullah dari tanahnya Zubair yang aku sunggi di atas kepalaku sejauh dua pertiga farsakh.”

Demikian pula dengan Fathimah binti Rasulullah saw. Sejak hari pertama pernikahannya dengan Ali ra., ia rela mengerjakan sendiri tugas rumah tangganya yang cukup berat. Dia harus menggiling bahan makanan dan membuat adonan roti hingga rambutnya terkena percikan-percikan tepung, kemudian ia memprosesnya dan memasaknya hingga matang. Itu dilakukan karena suaminya yang pejuang Islam itu tidak mampu mengupah pembantu untuk membantu Fathimah dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Masih banyak lagi dukungan para shahabiyah lainnya bagi sang suami yang tengah mengalami kesulitan hidup.


 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here