Penolakan Penerapan Syariat adalah Hal yang Paling Tak Masuk Akal Sepanjang Masa - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Wednesday, March 24, 2021

Penolakan Penerapan Syariat adalah Hal yang Paling Tak Masuk Akal Sepanjang Masa


Oleh: Ahmad Rizal

Akal selalu mengajak siapapun yang masih memilikinya untuk berpikir rasional. Pekerjaan akal itu simpel, nggak rumit. Bila sesuai dengan nalar manusia dan logis maka sesuatu itu masuk akal. Bila jauh dari rasionalitas maka akal pasti menolaknya. Simpel kan? 

Tuhan, Sang Pencipta itu ada. Simpel. Apa buktinya? Seluruh alam semesta, manusia dan kehidupan ini nyata dan ada. Ketiganya mampu kita indera. Jika kita kembalikan kepada akal, maka akal pasti akan membenarkan bahwa alam semesta, manusia dan kehidupan yang sangat rumit sistemnya ini pasti ada penciptanya. Simpel! 

Lalu siapa yang menciptakan Tuhan, Sang Pencipta? Jawabnya tidak ada. Simpel. Sebab akal memastikan salah satu sifat Sang Pencipta (Kholiq) haruslah demikian. Bila ia masih diciptakan oleh sesuatu yg lain maka ia masih terkategori ciptaan (makhluk). Simpel! 

Akal juga memberikan sifat, siapapun yang mengaku sebagai Sang Pencipta haruslah berbeda dengan Ciptaan. Bila ciptaan itu berawal dan berakhir, maka Sang Pencipta tidak boleh berawal dan tidak boleh berakhir. Sang Pencipta tidak boleh wujudnya sama dengan ciptaan, karena bila sama, maka ia bukan lagi Sang Pencipta. Ia harus berbeda dari segala ciptaan. Simpel! 

Akal membuat manusia berpikir logis. Seluruh alam semesta dengan segala kerumitannya berjalan teratur dan sistematis, siapa yang kuasa mengatur ini semua? Jawabnya Sang Pencipta lah. Simpel!. Lalu apa jadinya bila matahari, bulan, bintang-bintang, gunung, air di samudera, iklim, musim, oksigen, atmosfer, proses embriologi, proses pencernaan, proses pernafasan, dll berjalan menyimpang dari hukum-hukum alam yang baku yang telah ditentukan oleh Sang Pencipta? Jawabnya pasti rusak, hancur, bahkan musnah dan binasa. Sebab akal menolak semua hal di atas berjalan secara kebetulan. Akal akan menyatakan "tidak ada suatu kebetulan yang terlalu sempurna". Mustahil kebetulan. Mustahil. Simpel! 

Allah SWT berfirman:

وَسَخَّرَ لَـكُمُ الَّيْلَ وَا لنَّهَا رَ  ۙ وَا لشَّمْسَ وَا لْقَمَرَ  ۗ وَا لنُّجُوْمُ مُسَخَّرٰتٌ بِۢاَمْرِهٖ  ۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰ يٰتٍ لِّـقَوْمٍ يَّعْقِلُوْنَ  ۙ 

"Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu, dan bintang-bintang dikendalikan dengan perintah-Nya. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berakal," (QS. An-Nahl 16: Ayat 12)

Jika demikian, apa yang membuat kita ragu mengikuti sistem aturan kehidupan dari Sang Pencipta? Yakni sistem dari Tuhan; dari Allah SWT. Akankah sistem itu merusak kehidupan, memecah belah umat, menimbulkan permusuhan, mengakibatkan saling menjajah antar bangsa? Mustahil! Justru sebaliknya, menyimpang dari aturanNya akan menimbulkan kerusakan dan kehancuran dimana-mana. Simpel! 

Hukum Islam adalah hukum bagi seluruh umat manusia. Sebab Allah SWT adalah Tuhannya manusia. Bukan hanya Tuhan Umat Islam. Allah SWT paling tahu bagaimana mengatur kehidupan manusia. Sebagaimana Allah juga paling tahu bagaimana cara mengatur tatanan alam semesta ini. Simpel! 

Allah SWT berfirman:

ءَاَنْتُمْ اَشَدُّ خَلْقًا اَمِ السَّمَاۤءُ ۚ بَنٰىهَاۗ

"Apakah penciptaan kamu yang lebih hebat ataukah langit yang telah dibangun-Nya?" (QS. an Nazi'at : 27) 

Keraguan menjalankan hukum-hukum Allah SWT adalah bisikan jahat syetan yang menyesatkan. Syetan selalu mengada-ada, mengarang argumentasi tak masuk akal, melakukan fitnah, dan berbagai bisikan-bisikan jahat lainnya untuk membuat manusia ragu akan hukum Allah SWT. 

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَا سِ  ۙ الْخَـنَّا سِ  ۖ  الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّا سِ  ۙ 

"dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia," (QS. An-Nas: Ayat 4 - 5)

Sejauh ini tidak ada argumentasi dan alasan logis menolak hukum Allah SWT. Penolakan menerapkan syari'at islam adalah hal yang paling tidak masuk akal sepanjang masa! Ya, sangat tidak masuk akal! Yuk mikir!


 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here