Pertolongan Allah - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Monday, March 22, 2021

Pertolongan Allah



Febry Suprapto

"Sungguh, Allah telah menolong kamu (mukminin) di banyak medan perang, dan (ingatlah) Perang Hunain, ketika jumlahmu yang besar itu membanggakan kamu, tetapi (jumlah yang banyak itu) sama sekali tidak berguna bagimu, dan bumi yang luas itu terasa sempit bagimu, kemudian kamu berbalik ke belakang dan lari tunggang-langgang." (QS. At-Taubah [9]: 25)

Hunain adalah nama tempat yaitu suatu lembah kurang lebih 70 km di sebelah timur kota Mekah, antara Mekah dan Taif. Perang Hunain terjadi dua Minggu setelah fathu Mekah pada tahun 8 H. 

Ketika itu tentara kaum Muslimin berjumlah 12.000 orang, sedang tentara kafir 4000 orang saja. Pada awal peperangan, kaum Muslimin mengalami kekalahan karena membanggakan jumlah tentaranya dan terpaksa mundur. Akan tetapi akhirnya mereka memperoleh kemenangan berkat kesungguhan dan ketabahan pasukan yang kuat imannya dan turunnya bala bantuan dari pasukan malaikat.

Rasulullah hanya mengharapakan pertolongan dari Allah yang panji-Nya ia bawa. Ketenangannya menguasai semua orang di sekitarnya dan membuat mereka yang telah lari mundur berhenti dan kembali. Karena pertolongan Allah maka mereka mendapat kemenangan yang sempurna.
*

[Dirangkum dari buku "365 Renungan Harian Al-Quran" karya Prof. Dr. Muhammad Chirzin, hal. 85 dan "Al-Qur'an dan Tafsirnya" Departemen Agama RI Tahun 2009, Jilid 4, Juz 10, hal. 88-91]
*

Bondowoso, 16032021


 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here