Press Release LBH Pelita Umat - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Monday, March 29, 2021

Press Release LBH Pelita Umat


Nomor: 48/PS/LBH-PU/Jatim/III/2021

Press Release: 
PERNYATAAN LBH PELITA UMAT JATIM

Mengutuk Keras Teror Bom Di Makassar

Sebagaimana telah diberitakan secara meluas, Insiden ledakan bom di Makassar itu terjadi sekitar pukul 10.30 Wita di pintu gerbang Gereja Katedral Kota Makassar. Lokasi tersebut tak jauh dari Polsek Ujung Pandang, Sekolah Islam Atirah, dan RS Bersalin Sitti Khadijah. Ledakan itu mengakibatkan dua pelaku bom bunuh diri Makassar tewas dan 20 orang luka-luka. 

Berkenaan dengan hal itu, LBH Pelita Umat Jatim menyatakan:

1. Mengutuk pelaku peledakan bom itu sebagai tindakan dzalim luar biasa. Syariat Islam dengan tegas melarang siapapun dengan motif apapun membunuh orang lain tanpa haq atau tanpa alasan yang dibenarkan oleh syariah, apalagi membunuh dirinya sendiri, merusak milik pribadi dan fasilitas milik umum serta menimbulkan korban luka-luka dan ketakutan yang meluas.

2. Menyerukan kepada semua pihak, khususnya kepolisian dan media massa, untuk bersikap hati-hati menanggapi spekulasi yang mengaitkan bom tersebut dengan kelompok, gerakan atau organisasi Islam. Dari sekian kemungkinan, bisa saja peledakan bom itu sengaja dilakukan oleh orang atau kelompok tertentu untuk mengacaukan masyarakat dan negara ini demi kepentingan politik mereka sambil mendiskreditkan organisasi Islam dan melakukan rekayasa sistematis serta provokasi keji untuk terus menyudutkan Indonesia sebagai sarang terorisme.

3. Meminta kepada pihak kepolisian untuk segera menangkap otak peledakan itu dan mengungkap motif tindakan itu. Hanya dengan cara ini saja segala macam spekulasi yang bisa menimbulkan keresahan di tengah masyarakat bisa dihentikan.

4. Segala bentuk pengaitan tindakan teror itu dengan dakwah Islam dan perjuangannya harus diwaspadai dan ditolak. Tindakan teror itu jelas sama sekali bukan untuk kemaslahatan Islam dan kaum Muslim, justru bisa membahayakan Islam dan kaum Muslim. Dalam hal ini, Islam dan kaum Muslim justru menjadi "korban". Juga harus diwaspadai monsterisasi terhadap Islam, termasuk kriminalisasi terhadap para pengemban dakwah yang kritis terhadap pemerintah.

Hasbunallah wa ni’mal wakiil, ni’mal maula wa ni’man nashiir

Surabaya, 28 Maret 2021

Ketua Korwil LBH Pelita Umat Jawa Timur
Budiharjo, S.H.I.


 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here