Sistem Islam Ketinggalan Zaman ? - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Wednesday, March 24, 2021

Sistem Islam Ketinggalan Zaman ?




M. Ismail (Direktur eLSAD)

Banyak pihak, terutama liberalis sekuler, telah lama berbicara mengatasnamakan para Muslim di berbagai kawasan dunia Islam. Narasi mereka hadir dengan cerita yang ketinggalan zaman, bahwa kaum Muslim memandang Islam sebagai penindas mereka, termasuk bahwa perempuan Muslim menolak pemerintahan Islam dan mencari kebebasan pada sistem Demokrasi-Sekular-Liberal.

Padahal visi politik mereka telah terbukti gagal, sejalan dengan kebobrokan sistem Demokrasi Sekular-Liberal. Alih-alih kaum muslim dan muslimah terangkat nasibnya, mereka malah terperangkap oleh jaring-jaring yang mereka ciptakan sendiri.

Omong-kosong bahwa Islam penindas perempuan terbantahkan dengan sendirinya, karena Islam sedari awal telah memberi perempuan posisi yang bergengsi. Posisi inilah yang berhak dia peroleh sebagai manusia yg bermartabat. Posisi itu adalah ummu wa rabbah al-bayt (ibu dan manajer rumah tangga). Di dalam Islam, perempuan adalah kehormatan yang harus dijaga. Islam memberikan hak-hak yang sama kepada perempuan seperti halnya pada laki-laki, karena perempuan adalah saudara kandung laki-laki. Islam pun menetapkan hukum-hukum yang memelihara hak-hak perempuan; menjaga kemuliaan dan menjaga potensi/ kemampuannya (Lihat: QS at-Taubah [9] : 71).

Karena itu, dunia saat ini tengah menantikan sistem dan tatanan baru dengan visi politik yang sama sekali berbeda. Sistem ini harus mampu membawa perubahan hakiki bagi dunia serta membentuk masa depan dunia yang bermartabat dan sejahtera bagi semua masyarakat dunia, laki-laki maupun perempuan, Muslim ataupun non-Muslim. Kaum perempuan akan menjadi bagian integral dalam menjamin masa depan tersebut menjadi kenyataan.

Visi politik itu adalah sistem Islam yang merupakan model pemerintahan sejati yang akan membebaskan perempuan dari kemunduran dan penindasan sekaligus memberikan visi politik jelas bagi status dan kehidupan manusia. Sistem ini menyajikan rancangan perubahan politik dan ekonomi secara menyeluruh, sebagaimana menyajikan strategi yang jelas untuk menjamin martabat dan hak-hak perempuan serta kaum minoritas. Adalah sistem khilafah, sebuah negara yang akan mentransformasi kebangkitan ini menjadi perubahan yang sesungguhnya bagi para perempuan Muslim di Dunia Islam.


 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here