Tentang Mencintai Harta (1) - SpeakUP-Community

Breaking

Breaking News:

test banner

Monday, March 22, 2021

Tentang Mencintai Harta (1)



Muhammad Amin,dr,MKed.Klin. SpMK

Manusia diciptakan Allah SWT dalam tabiat cinta kepada harta. Namun, kecintaannya yang berlebihan terhadap harta dan kekayaan telah banyak membuat manusia ingkar kepada Allah SWT dan berbuat maksiat kepada-Nya, kecuali bagi mereka yang diberi petunjuk oleh Allah SWT. ”Dan kamu mencintai harta benda dengan kecintaan yang berlebihan” [TQS. Al-Fajr : 20].

Oleh karena itu, setiap muslim harus mampu mendudukkan masalah harta ini sesuai tuntunan Allah SWT.  Pada hakikatnya, harta itu milik Allah SWT. Oleh karenanya, harta tersebut akan berpindah kepemilikannya kepada manusia hanya apabila diperoleh dengan cara yang disyariatkan Allah SWT.

”Ingatlah, sesungguhnya kepunyaan Allah apa yang ada di langit dan di bumi. Ingatlah, sesungguhnya janji Allah itu benar, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui(nya).” [TQS. Yunus : 55].

Sebenarnya, begitu banyak harta yang hendak Allah berikan kepada manusia. Namun, manusia yang gelap mata merasa begitu sempitnya jalan menuju diraihnya harta Allah yang banyak itu.  Bahkan mereka merasa akan kekurangan harta jika tidak berlomba-lomba meraihnya.

”Dan Dia menundukkan untukmu apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir” [TQS. Al-Jaatsiyyah : 13].


 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here