Kala Depresi Menghampiri (4)


Romadhon Abu Yafi (Bengkel IDE)

Mengatasi depresi pada istri membutuhkan kerjasama seluruh anggota keluarga, terutama suami. Oleh karena itu, hendaklah suami bersikap peduli, gemar menolong istri dan meringankan beban, selalu membahagiakan istri dan tidak terlalu banyak menuntut apa yang di luar batas kesanggupan istrinya. Misalnya, suami selalu menuntut masakan enak, padahal istrinya tidak pandai memasak dan sebagainya. Bantuan suami juga sangat dibutuhkan untuk memantapkan dan meningkatkan kepuasan istri atas tugas pokoknya.

Depresi bisa muncul karena kegagalan manajemen waktu dan tenaga. Oleh karena itu, para ayah/ibu hendaknya cerdas dalam mengatur waktu dan tenaganya. Mereka bisa mencari aktivitas untuk menyegarkan pikiran dan kejenuhan yang kadang muncul.

Seseorang bisa memadukan aktivitas di dalam rumah dengan aktivitas di luar rumah semata-mata untuk menyempurnakan pelaksanaan kewajiban; seperti menuntut ilmu, mendidik anak-anak atau berdakwah, atau sekadar membantu suami/istri yang tidak mampu melaksanakan tugasnya sebagai pencari nafkah, sedangkan tidak ada lagi yang membantu dirinya. Bisa juga dengan mengajak keluarga berolah raga bersama di luar rumah atau rihlah untuk menyegarkan pikiran dan mengagumi ciptaan Allah SWT.

Tentu semua aktivitas itu harus memperhatikan awlawiyat (prioritas dalam beramal) sesuai hukum syariah. Yang wajib didahulukan daripada yang sunnah dan mubah. Aktivitas yang mubah pun dipilih mana yang paling utama. Ibu harus bisa menghindari aktivitas yang sia-sia. Bila perlu ibu dapat membuat jadwal harian, mingguan bahkan bulanan.

Keluarga harus mendukung semua upaya tadi. Hadirnya keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah dengan anggota keluarga yang memahami fungsinya akan meminimalisasi tingkat depresi pada ibu rumah tangga. Sebab, pada kondisi ini beban ibu akan jauh lebih berkurang. Tinggallah beban yang datangnya dari luar (eksternal). Begitu indahnya Islam jika diterapkan dalam seluruh aspek. Layaklah para suami dan istri pun mendapatkan rahmatnya; dijauhkan dari depresi dan ditinggikan derajatnya


 

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post