Meningkatkan Ghirah Islami di Bulan Suci (3)


Ainun D. N. (Direktur Muslimah Care)

Agar suasana Ramadhan tetap terjaga di bulan-bulan berikutnya, maka suasana dan semangat ibadah harus terus dipelihara. Aktivitas yang bisa dilakukan selepas Ramadhan bersama keluarga, antara lain adalah:

1. Menjaga kebersamaan antar anggota keluarga dengan cara menghidupkan suasana fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam melaksanakan kebaikan), membiasakan saling menasihati dalam kebenaran, bekerjasama dan saling tolong menolong dalam beramal shalih.

2. Membiasakan shalat berjamaah di masjid, khususnya untuk anggota keluarga laki-laki. Dengan hal ini, maka hati akan selalu terpaut ke masjid.

3. Membiasakan shaum sunnah, baik itu shaum sunnah senin-kamis, shaum selang sehari (shaum Daud), shaum 3 hari di pertengahan bulan hijriah, dan lain-lain.

4. Membiasakan shalat malam.

5. Membiasakan bersedekah.

6. Senantiasa berinteraksi dengan al-Quran, yaitu dengan lebih giat membaca, menghapal, memahami, mengamalkan dan mendakwahkannya.

7. Membiasakan silaturahmi.

8. Melanjutkan semangat syiar Ramadhan dengan berdakwah lebih gencar, untuk kemuliaan Islam dan kaum Muslim, agar syariah Islam bisa tegak.


 

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post