Meningkatkan Ghirah Islami di Bulan Suci (2)


Ainun D. N. (Direktur Muslimah Care)

Ramadhan adalah momentum yang luar biasa dengan berbagai aktivitas yang dapat mendekatkan diri dan keluarga kepada Allah. Hal ini dapat dilakukan dengan mengajak seluruh anggota keluarga untuk mengisi dan berperan dalam meramaikan syiar Ramadhan, seperti:

1. Program keluarga bersama al-Quran. Bisa dengan membuat komitmen minimal satu jam bersama al-Quran setiap hari. Upayakan seluruh anggota keluarga meluangkan minimal 1 jam/hari untuk tilawah atau tahfidz al-Quran. Misalnya, setiap ba’da shalat subuh hingga waktu syuruq tiba, atau 1 jam sebelum berbuka. Untuk keluarga yang masih memiliki anak-anak usia balita, libatkanlah mereka dalam kegiatan ini, agar mereka terkondisikan berinteraksi dengan al-Quran sejak dini.

2. Program shalat berjamaah. Dengan menetapkan komitmen agar anggota keluarga laki-laki sebisa mungkin melaksanakan shalat fardhu dan tarawih berjamaah di masjid/mushala. Adapun anggota keluarga perempuan shalat berjamaah di rumah. Bisa juga seluruh anggota keluarga melaksanakan shalat tarawih berjamaah di masjid.

3. Program memberi ifthar; memberi makanan untuk orang-orang yang berbuka, dengan melibatkan anak-anak untuk mengantarkan makanan ke masjid.

4. Program sedekah. Setiap anggota keluarga berkomitmen dalam hal sedekah, lalu dikumpulkan setiap harinya (dapat dilakukan dengan menyiapkan kotak amal khusus di rumah misalnya), dan menjelang 10 hari terakhir, perolehannya dihitung untuk kemudian dibagikan bersama-sama kepada kaum dhuafa.

5. Program meninggalkan hal yang sia-sia. Seluruh anggota keluarga berkomitmen untuk mereduksi perbuatan yang sia-sia, misalnya menonton acara tv yang tidak berguna, mendengarkan lagu-lagu, dan lain-lain. Manfaatkanlah waktu untuk kegiatan-kegiatan yang jauh lebih bermanfaat dan mendatangkan pahala.

6. Program giat dakwah. Misalnya dengan lebih menggiatkan kegiatan-kegiatan di lingkungan sekitar. Tadarus dan kajian keislaman bersama para tetangga di masjid/mushala atau mungkin dari rumah ke rumah, merupakan langkah yang baik. Libatkanlah anak-anak kita dalam aktivitas dakwah yang kita lakukan, agar mereka merasakan ruh perjuangan sejak dini. Kegiatan ini pun akan menjadi contoh teladan bagi anak-anak kita kelak.

7. Program pesantren Ramadhan. Membuat atau mengikutsertakan anak-anak kita dalam program pesantren Ramadhan di masjid/mushala terdekat, di sekolah atau bahkan di pondok pesantren.

8. Program sahur dan berbuka di rumah agar terwujud kebersamaan di antara anggota keluarga. Nikmati kegembiraan saat sahur dan berbuka. Kondisikan rumah selalu gembira dan khidmat. Manfaatkan waktu menjelang berbuka dengan banyak-banyak berzikir, berdoa, membaca al-Quran atau menyimak taushiyah.

9. Program buka shaum rekreatif. Misalnya sesekali berbuka sambil melakukan tafakur alam, atau safari dari masjid ke masjid, atau sambil bersilaturahmi. Bisa juga merancang kegiatan berbuka shaum bersama kaum dhuafa di panti asuhan, di tempat penampungan sambil bersedekah.

10.Program itikaf bersama keluarga pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Anggota keluarga harus termotivasi untuk memperbanyak ibadah pada waktu-waktu yang memiliki keutamaan, terutama pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan; karena di antara malam-malamnya, Allah SWT menurunkan kemuliaan Lailatul Qadar.

11.Program reward, khususnya untuk putra dan putri tercinta yang baru berlatih shaum. Selain dengan pujian, memberikan hadiah sebagai rangsangan juga diperlukan. Berikanlah apresiasi saat anak-anak dengan penuh kesungguhan menjalankan ibadah shaum penuh hingga waktu berbuka. Reward-nya bisa dengan menyiapkan makanan kesukaannya, atau memberikan barang yang disukainya.


 

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post