Sambut Ramadhan Dengan Gencarkan Dakwah


Ilham Efendi

Marhaban Ya Ramadhan. Alhamdulillah. Beberapa hari lagi Ramadhan menyapa kita. Sebelum Ramadhan tiba, alangkah baiknya jika kita mempelajari kembali tsaqofah atau hukum-hukum seputar puasa dan berbagai amalan yang disyariatkan di bulan Ramadhan.  Hal ini bertujuan, agar kita memahami betul status hukum semua perkara yang dilakukan di bulan Ramadhan.  Dengan ilmu ini pula, kita tidak akan ketinggalan satu peluang kebaikan pun.

Memiliki ilmu tentang amalan di bulan Ramadhan menjadi fardhu ‘ain (kewajiban individu) setiap muslim.  Tanpa ilmu, ibadah bisa sia-sia, karena bisa jadi tidak sesuai dengan yang dikehendaki Allah SWT.

Banyak Berdoa

Sungguh, kekuasaan Allah SWT jauh di atas hamba-hamba-Nya.  Oleh karena itu, marilah kita memperbanyak berdoa kepada Allah SWT agar Dia berkenan memberikan kemudahan kepada  kita dalam menjalani berbagai amalan di bulan mulia ini.  Kita tentu tidak menghendaki Ramadhan datang sementara fisik dan mental kita dalam keadaan tidak siap.  Semoga Allah SWT menjauhkan segala aral dan memberikan kemampuan lahir dan batin dalam malalui Ramadhan.

Mempersiapkan Keluarga

Keluarga menjadi faktor penting agar pelaksanaan amaliyah di bulan ini berjalan optimal.  Jika seluruh anggota keluarga bergembira menyambut Ramadhan dan bersungguh-sungguh meraih kemuliaannya, maka hal ini akan memudahkan tercapainya berbagai target yang telah kita tetapkan.  Sebaliknya, jika suasana keluarga tidak kondusif bahkan memberikan beban masalah yang banyak, maka pelaksanaan ibadah di bulan ini menjadi kurang optimal.

Orangtua amat berperan penting memberikan suasana yang kondusif pada keluarga.  Mendidik anak berpuasa, mengajarkan bersabar dalam setiap kesempatan, dan senantiasa bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan adalah diantara hal-hal yang bisa orangtua lakukan.

Kencangkan Dakwah

Dakwah Islam harus selalu dikencangkan, apalagi menjelang Ramadhan.  Inilah kesempatan kita untuk memngingatkan kembali agar umat menjalani kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.  Oleh karena itu, menyeru manusia ke jalan Islam, menentang kebijakan penguasa yang bertentangan dengan Syariah Islam dan mengajak manusia agar bersiap menyambut tamu agung ini adalah aktivitas penting yang harus semakin dikencangkan.  Sebab, jika umat tidak siap memasuki Ramadhan maka akan sia-sialah harapan agar umat kembali ke jalan Islam dengan datangnya Ramadhan.


 

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post